Share

5 Tips Hidup Mandiri, Tak Perlu Harus Merantau Kok

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 19 September 2022 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 612 2670499 5-tips-hidup-mandiri-tak-perlu-harus-merantau-kok-E9ZrabMPij.jpg Ilustrasi Hidup Mandiri. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang pasti memiliki ketergantungan dengan orang lain, baik terhadap keluarga, sahabat maupun teman kerja. Tapi, ada beberapa orang yang malah tidak percaya diri ketika tidak bersama dengan orang lain dan terlalu bergantung pada keberadaaan orang lain.

Menurut Ikhsan Bella Persada,M.Psi., Psikolog, orang yang terlalu bergantung dengan orang lain biasanya memang selalu merasa tidak percaya diri saat melakukan sesuatu. Ia akan terus menunggu orang lain untuk memberikan arahan terkait semua hal dalam hidupnya.

Orang yang terlalu bergantung dengan orang lain juga akan sulit mengambil keputusan, selalu merasa rendah diri, serta tidak mampu meningkatkan kualitas hidupnya. Ketika tidak ada yang bisa membantu, ia akan merasa stres hingga mengembangkan masalah kesehatan mental.

Apabila Anda merasa terlalu bergantung dengan orang lain, ada beberapa cara hidup mandiri yang bisa mulai diterapkan dari sekarang. Ketahui selengkapnya lewat ulasan berikut, seperti dilansir dari KlikDokter.

Hidup Mandiri

Memahami Diri Sendiri

Memahami diri sendiri dapat membantu Anda untuk menjadi pribadi yang mandiri. Untuk itu, ketahui hal-hal yang membuat Anda senang, kesal, kelemahan, kelebihan, serta hal apapun yang berkaitan dengan hidup Anda.

Apabila sulit menemukannya, Anda bisa minta pendapat orang lain terkait hal ini. Jika sudah memahami diri sendiri, kemampuan serta potensi diri akan lebih jelas terlihat.

Dari situ, Anda pun dapat mencari cara serta mulai melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kualitas diri Anda. Dengan meningkatkan kualitas diri, ketergantungan terhadap orang lain akan berkurang, bahkan hilang.

Berlatih Berpikir Mandiri

Berpikir mandiri artinya mengeksplorasi pilihan Anda dengan cara mencari tahu, mempertimbangkan, dan meminta pendapat orang lain sebagai referensi. Dengan begitu, Anda bisa lebih mantap dalam menentukan pilihan.

Mungkin ada kalanya pilihan yang diambil itu tidak tepat. Namun, jangan berhenti di situ. Semakin sering mengambil keputusan sendiri, ke depannya Anda akan lebih nyaman dan tepat dalam menentukan langkah dalam hidup.

Untuk mengembangkan pola pikir mandiri, Anda juga bisa berpikir dari sudut pandang orang lain. Ini akan membantu Anda mendapatkan wawasan lebih dalam terhadap hal-hal tertentu yang dapat diterapkan ke berbagai aspek kehidupan. Memahami bahwa ada dua sisi (atau lebih) dari suatu hal dan kondisi juga akan membuat Anda memandangnya secara lebih objektif.

Tahu Kapan Harus Meminta Bantuan Orang Lain

Menjadi mandiri berarti Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mencari bantuan. Pahami betul tugas dan peran diri sendiri dalam menjalani suatu hal, misalnya dalam pekerjaan, sebelum meminta bantuan orang lain.

Dengan memahami porsi diri sendiri tersebut, Anda akan tahu kapan memerlukan pertolongan orang lain. Anda pun hanya akan meminta bantuan apabila ada suatu hal yang perlu dilakukan, tetapi berada di luar peran atau porsi Anda. Namun, tetap perlu diingat, jangan selalu jadikan bantuan orang lain ini sebagai landasan mengambil langkah ataupun keputusan.

Mengeksplorasi Hal Baru

Cobalah untuk melakukan hal baru supaya Anda mengetahui banyak hal yang berbeda. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat baru atau membaca buku untuk mengetahui berbagai sudut pandang. Selain itu, belajarlah dari orang lain mengenai cara mereka menghadapi segala sesuatu dalam hidupnya. Mungkin saja ada sejumlah hal yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Ambil pengalaman orang lain dan jika memungkinkan, terapkan saat Anda menghadapi situasi yang sama. Mengeksplorasi hal baru juga bisa dengan melakukan aktivitas yang belum pernah Anda lakukan sendiri sebelumnya. Ini akan berguna untuk menemukan kelebihan diri yang akan berguna dalam mengembangkan sifat mandiri.

Lepas dari Kendali Orang Lain

Bebas dari kendali orang lain merupakan salah satu faktor utama yang membuat Anda mandiri. Oleh karena itu, latihlah diri untuk lebih berani dalam memulai atau menjalani sesuatu tanpa arahan orang lain. Keberanian ini bisa Anda peroleh dengan memperbanyak informasi menyangkut hal yang akan Anda kerjakan atau mulai. Hindari bergantung dengan orang lain, karena hanya akan menunjukkan bahwa Anda memberikan kekuatan diri sendiri ke orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini