Share

Lezatnya Ikan Etong Bakar, Favorit Para Pencinta Seafood

Novie Fauziah, Okezone · Selasa 20 September 2022 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 298 2671463 lezatnya-ikan-etong-bakar-favorit-para-pencinta-seafood-9gnyG8IxMr.jpeg Ikan Etong (Foto: Novi/MPI)

INDONESIA memiliki banyak macam ikan laut yang nikmat untuk diolah, menjadi berbagai masakan lezat. Salah satunya adalah ikan etong atau dikenal dengan ayam-ayam, jenis ini cukup banyak diminati oleh masyarakat.

Ikan ini biasa ditemukan di perairan hangat kawasan Indo-Pasifik, mulai dari Laut Merah sampai Samudra Pasifik bagian barat.

Ikan Etong

Ukuran rata-rata adalah 40 cm, tetapi dapat mencapai 60 cm untuk jantan. Kemudian sirip punggungnya memiliki 25-27 jari-jari, sedangkan di sirip anal terdapat 24-26 jari-jari.

Sisiknya cenderung besar di dekat sirip perut. Ikan ini memiliki patil di bagian belakang tubuhnya. Akan tetapi meski demikian, rasa ikan etong ini sangat nikmat lho untuk disantap.

Umumnya para penjual seafood mengolah ikan etong ini dengan cara dibakar. Menggunakan racikan bumbu bakar, ditambah dengan kecap membuat rasanya semakin nikmat.

BACA JUGA : Penyuka Seafood Wajib Tahu, Makan Udang dengan Kulitnya Ampuh Turunkan Risiko Stroke

Pemilik warung seafood 08 Vian Jaya, Fauzi mengatakan, ikan etong menjadi daya tarik bagi para penikmat, karena jenis ini jarang ada di warung seafood lainnya.

"Biasanya ikan etong diolah berbagai macam, mulai dari goreng dan bakar. Serta dilengkapi berbagai pilihan saus sebagai pelengkapnya," katanya kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : 3 Makanan Laut yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Apa Saja Ya?

Selain menjadi menu yang cukup diminati, ia mengklaim bahwa ikan etong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menenangkan saraf pusat. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan gizi yang komplit dan seimbang.

Sementara itu ia juga menjelaskan, selama pandemi cukup banyak tantangan dalam membuka usaha kulinernya ini. Akan tetapi meski sulit, penikmat seafood masih cukup banyak diminati, termasuk ikan etong bakar.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini