Share

Jangan Dibuang! Sederet Sisa Makanan Ini Bisa untuk Perawatan Kulit Wajah

Adinda Fahrani, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 611 2671140 jangan-dibuang-sederet-sisa-makanan-ini-bisa-untuk-perawatan-kulit-wajah-bWGcRtBczL.jpg Kulit jeruk bisa untuk perawatan kulit wajah (Foto: Timesofindia)

PEREMPUAN selalu saja mencari cara untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan sehat. Bagaimana caranya melakukan treatment tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal, memangnya ada ya?

Tentu ada dong, untuk kamu yang ingin menghemat budget bisa melakukan treatment ini di rumah dari bahan sisa makanan dan minuman yang bisa kamu manfaatkan untuk perawatan kulit wajah.

Berikut inilah food waste yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulitmu, melansir dari Instagram @tipsskincarepemula, yuk simak di bawah ini.

Ampas teh hijau

Ampas Teh Hijau

Ampas teh hijau bisa digunakan sebagai masker wajah, caranya sisa ampas teh yang sudah dipakai dipisahkan kedalam wadah kosong, kamu juga boleh memasukkannya kedalam kulkas untuk mendapatkan sensasi sejuk, setelah itu buka pelapis serbuk teh hijau, masukkan ke dalam wadah dan bisa dicampur dengan bahan tambahan lain seperti madu agar mudah menempel saat diaplikasikan ke wajah. Setelah itu, tunggu 5-10 menit agar kandungannya meresap sempurna, kemudian bilas dengan air bersih.

Teh hijau sendiri berperan untuk meredakan stres, ada juga kandungan vitamin C, E, dan Kalsium. Teh hijau memberikan manfaat untuk kulit wajah seperti melembabkan kulit, mengobati masalah jerawat, melawan penuaan dini, meredakan kemerahan dan iritasi serta melindungi dari kanker kulit.

Biji Alpukat

Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, biji dari alpukat juga bisa dipakai untuk perawatan. Biji Alpukat bisa digunakan sebagai scrub wajah, dengan cara memarut biji alpukat yang kemudian dicampur dengan kopi bubuk dan garam laut.

Biji alpukat mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin C yang sangat bagus sebagai bahan produk kosmetik atau suplemen makanan. Scrub dari biji alpukat bisa untuk menghilangkan sisa kulit mati yang kusam, mengatasi jerawat, rambut berminyak, dan ketombe.

Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga bisa dijadikan sebagai scrub wajah loh, caranya haluskan kulit jeruk, kemudian dicampur dengan madu, lalu aduk hingga merata, oleskan scrub pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas dengan air dingin.

Kulit jeruk berguna untuk meningkatkan penyerapan vitamin C, merangsang produksi kolagen, dan melancarkan peredaran darah di kulit. Jika digunakan secara teratur, kulit akan terlihat lebih cerah, bebas kusam, dan awet muda.

Cangkang Telur

Cangkang telur jangan langsung dibuang, Cangkang telur itu mengandung protein alami dan juga vitamin. Selain itu, juga dapat mengecilkan pori-pori wajah, membuat kulit lebih bercahaya, mengobati kulit kering dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Cara mengolahnya sangat mudah, cukup hancurkan cangkang telur hingga menjadi serbuk, tambahkan madu dan sedikit tepung terigu, oleskan ke wajah dan tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Nah itulah beberapa food waste yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulitmu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini