Share

Ada-ada Saja! Viral Perempuan Telan 55 Baterai untuk Menyakiti Diri Sendiri

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 20 September 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 612 2671145 ada-ada-saja-viral-perempuan-telan-55-baterai-untuk-menyakiti-diri-sendiri-zuAhdl0Zoe.jpg Hasil rontgen isi perut perempuan pemakan 55 baterai (foto: Irish Medical Journal)

KABAR menggemparkan datang dari Irlandia. Dokter di negara tersebut belum lama ini mengeluarkan 55 baterai jenis AA dan AAA dari usus dan perut seorang wanita berusia 66 tahun.

Menurut laporan kantor berita WIONews, perempuan tua itu sengaja menelan semua benda asing tersebut ke dalam perutnya dengan alasan ingin melukai diri sendiri. Kejadian ini sampai dilaporkan di jurnal medis.

 x ray

Ya, laporan yang diterbitkan di Irish Medical Journal menjelaskan bahwa wanita 66 tahun itu dirawat di Rumah Sakit Universitas St. Vincent di Dublin setelah menelan baterai dengan jumlah yang tidak diketahui, menurut laporan Science Alert.

Sampai akhirnya pemeriksaan lebih lanjut dilakukan dan dokter dalam laporan tersebut mengatakan bahwa ini adalah kasus menelan benda asing terbanyak yang pernah ditemukan. Menariknya, diketahui si perempuan ini menelan 55 baterai pada kurun waktu yang berdekatan.

"Menelan 55 baterai adalah bentuk melukai diri sendiri. Ini benar-benar tidak biasa," kata dokter dalam laporan jurnal tersebut, dikutip Okezone, Selasa (20/9/2022).

Kasus menelan benda asing seperti ini biasanya terjadi pada anak-anak. Kejadian paling umum adalah si anak menelan baterai, lalu benda asing tersebut akan melewati tubuh tanpa menyebabkan kerusakan.

Tapi, menjadi musibah ketika benda asing tersebut tersangkut di tenggorokan. Benda itu dapat menyebabkan cedera parah dan bahkan mengancam nyawa. Kenapa bisa mematikan?

"Air liur yang terpapar baterai memicu munculnya arus listrik dan kalau sudah begitu menimbulkan reaksi kimia yang dapat membakar kerongkongan dan menyebabkan kerusakan jaringan yang parah hingga pendarahan," terang laporannya.

Pada kasus wanita 66 tahun ini X-ray berhasil meng-capture keberadaan baterai di perutnya. Baterai tersebut tampak tidak menghalangi saluran gastrointestinal (GI) dan tidak ada baterai yang menunjukan tanda-tanda kerusakan struktural.

Selang seminggu pengamatan, dokter melakukan laparotomi pada wanita tersebut, yang mana dokter bedah membuat sayatan di perut untuk menjangkau baterai. Dokter menemukan bahwa keberadaan baterai ini memicu perut si perempuan buncit dan kram di area atas tulang kemaluan.

Tidak pikir lama, dokter membuat sayatan kecil di perut dan mengeluarkan baterai dari organ dalam tubuh. Tidak dijelaskan lebih lanjut bagaimana kondisi wanita tua itu saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini