Share

Melihat Sejarah Aturan Berpakaian Berkabung Kerajaan Inggris

Rina Anggraeni, Okezone · Rabu 21 September 2022 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 194 2672201 melihat-sejarah-aturan-berpakaian-berkabung-kerajaan-inggris-QYRDMJ7IKG.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MELIHAT sejarah aturan berpakaian berkabung kerajaan Inggris menarik untuk diulas. Adapun aturan ini memang wajib dipatuhi oleh keluarga kerajaan Inggris

Seperti contoh, Raja Charles terlihat mengenakan seragam seremonial dan pakaian sipil sehari penuh dengan medali, dan membawa tongkat beludru merah serta emas Field Marshal Baton yang diberikan Ratu di tahun 2012.

Aturan Berpakaian

Sedangkan Pangeran Edward, Putri Anne, dan Pangeran William semuanya akan memakai seragam militer dan medali. Kemudian, para perempuan keluarga Kerajaan Inggris memakai gaun hitam dan topi formal, sedangkan laki-lakinya menggunakan mantel pagi berwarna hitam.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Menurut tradisi, anggota keluarga Kerajaan Inggris dan perwakilan diharapkan untuk mengenakan pakaian hitam atau gelap, segera setelah ada berita kematian anggota kerajaan lain diumumkan. Selain itu, mereka juga harus mengenakan pita duka.

Hal itu terlihat saat pemakaman Ratu Elizabeth yang mana memakai pakaian serba hitam. Penggunaan pakaian saat berkabung memang harus dipatuhi setiap anggota keluarga kerajaan. Adapun, aturan ini  sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan telah berubah seiring waktu.

Sebagai informasi, ratusan pemimpin dunia terbang ke London untuk bergabung dengan masyarakat umum untuk memberikan penghormatan terakhir dan menghadiri pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II pada Senin, (19/9/2022).

“Kepada seluruh rakyat Inggris, semua orang di Inggris – kami turut berbelasungkawa,” kata Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden setelah menuliskan pesan belasungkawa di Lancaster House, yang merupakan properti kerajaan di dekat Istana Buckingham di London. Biden termasuk di antara kepala negara yang diundang untuk menghadiri pemakaman Ratu.

Selain itu, jutaan orang  datang ke London untuk menyaksikan peti mati Ratu Elizabeth dibawa ke Westminster Abbey untuk kemudian dimakamkan di Royal Vault. Sementara hingga 4,1 miliar orang di seluruh dunia diperkirakan menyaksikan prosesi besar itu melalui layar televisi.

 (RIN)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini