Share

Kenapa Sistem Pencernaan Dapat Menolak Makanan yang Masuk ke Dalam Tubuh? Simak Penjelasan dr. Tirta di Sini

MNC Media, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 298 2671789 kenapa-sistem-pencernaan-dapat-menolak-makanan-yang-masuk-ke-dalam-tubuh-simak-penjelasan-dr-tirta-di-sini-Y5LKwv6SmN.jpeg Dokter Tirta. (Foto: Youtube)

DOKTER Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dr. Tirta merupakan dokter muda yang kini banyak dikenal masyarakat Indonesia melalui edukasinya seputar kesehatan. dr. Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Selain dikenal sebagai seorang dokter, dr. Tirta merupakan pengusaha bisnis cuci sepatu yang telah melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia. Pertama kali didirikan di Yogyakarta, dr. Tirta mulai merintis usahanya pada saat ia menjalani pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada.

Meskipun berprofesi sebagai seorang dokter, dr. Tirta kerap kali membuat video mengenai informasi umum, lho. Seperti segmen challenge, #Ngopeng, #TirtaGowes, #SuaraTirta hingga #BolaTirta.

Seperti pada video yang diunggah tanggal 19 September 2022, melalui segmen #SuaraTirta, dr. Tirta memberikan informasi sekaligus edukasi tentang hebatnya mekanisme yang bekerja dalam tubuh manusia.

Dokter Tirta mengatakan bahwa di dalam struktur manusia, terdapat sistem yang bernama Enteric Nervous yang sarafnya begitu rumit. Saking rumitnya, sistem pencernaan saraf di dinding usus tersebut disebut sebagai otak kecil.

Contoh hebatnya mekanisme tersebut adalah saat sistem pencernaan dapat mengirimkan sinyal atau perintah untuk melahap makanan berdasarkan suasana hati tertentu. Contoh lainnya adalah saat adanya penolakan saat masuknya makanan ke dalam perut ketika seseorang mengingat suatu momen yang membuatnya tidak bisa menerima makanan tersebut dari bawah alam sadar.

Ia juga menambahkan bahwa sistem pencernaan manusia dikaruniai sebuah sistem syaraf yang luar biasa rumit yang bernama Pleksus Mienterikus dan Pleksus Enterikus. Kedua sistem tersebut saling berkesinambungan untuk membangun pencernaan kita.

โ€œKenapa lu makan makanan kotor di pinggiran yang gak bersih bisa sembuh (sehat)? Karena ada hati. Hati ini sebagai organ paling penting di dalam tubuh manusia yang menetralisir racun,โ€ ujar dr. Tirta.

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya, langsung aja cek videonnya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya!

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini