Share

Bawang Hitam Bisa Sembuhkan Jerawat, Ini Faktanya!

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 21 September 2022 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 611 2671933 bawang-hitam-bisa-sembuhkan-jerawat-ini-faktanya-oDzaSQuqGE.jpg Ilustrasi bawang hitam (foto: istimewa)

JERAWAT menjadi masalah umum bagi orang Indonesia. Iklim lembab, kondisi kulit cenderung berminyak, dan gaya hidup yang tidak sehat memicu jerawat muncul berulang kali di wajah.

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, melihat ada potensi sangat baik dari bawang hitam tunggal untuk mengentaskan masalah jerawat khususnya yang disebabkan oleh bakteri.

 bawang hitam

Ya, bawang hitam tunggal dipercaya memiliki potensi yang sangat baik sebagai anti-jerawat yang disebabkan bakteri, khususnya bakteri Propionibacterium acnes, Staphylococcus aureus, dan Staphylococcus epidermidis.

"Bawang adalah sesuatu yang sangat mudah didapatkan dan ternyata bumbu masak yang satu ini, khususnya bawang hitam tunggal, punya potensi sebagai anti-jerawat yang disebabkan oleh bakteri," kata Ketua Peneliti dr Ambar Rialita, SpKK, FINSDV, FAADV, saat ditemui di dalam sebuah acara, Selasa (20/9/2022).

Dijelaskan dr Ambar lebih lanjut, bawang hitam tunggal yang merupakan hasil fermentasi bawang putih tunggal itu diketahui mengandung senyawa aktif antibakteri yang lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Bawang hitam tunggal sendiri dibuat dengan memfermentasi bawang putih tunggal yang dipanaskan dalam suhu 60 hingga 90 derajat celcius dengan kelembapan yang terkontrol di 80 hingga 90%. Fermentasi dilakukan selama 21 hari.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Bawang hitam tunggal memiliki karakter yang jauh lebih 'soft' dibandingkan bawang putih. Pada indikator bau misalnya, dijelaskan dr Ambar, bawang hitam tunggal baunya tidak sekuat bawang putih, pun rasanya. Kemudian, tekstur bawang hitam tunggal lebih menyerupai agar-agar, tidak seperti bawang putih yang agak keras.

Mesti memiliki potensi anti-jerawat, dr Ambar tidak merekomendasikan masyarakat untuk menggunakan bawang hitam tunggal sebagai obat topikal alias langsung ditempelkan di area jerawat.

"Reaksi yang terjadi bisa iritasi dan ini tentu tidak akan menyelesaikan masalah jerawat," terangnya.

Kalaupun mau makan bawang hitam tunggal secara langsung, tidak ada jaminan jerawat bisa langsung kempes dan memudar dari kulit wajah. Lantas seperti apa teknik yang optimal dalam mengaplikasikan bawang hitam tunggal?

"Sejauh ini data masih terbatas di informasi bahwa bawang hitam tunggal memiliki potensi anti-jerawat. Tapi, kalau akan seperti apa bawang hitam tunggal ini diolah bahkan menjadi produk anti-jerawat, masih perlu penelitian lebih lanjut," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini