Share

3 Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil, Sudah Terbukti secara Medis

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Rabu 21 September 2022 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 612 2672200 3-obat-flu-yang-aman-untuk-ibu-hamil-sudah-terbukti-secara-medis-pvHmK7FVFv.jpg Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

KETIKA hamil, kesehatan calon ibu memang akan mengalami kerentanan, lantaran imunitas tubuh cenderung menurun. Tidak heran jika kemudian ibu hamil sangat rentan terserang penyakit.

Nah, saat cuaca sedang tak menentu seperti ini, salah satu penyakit yang kerap menyerang ibu hamil adalah flu. Namun, meski banyak obat flu dijual di pasaran, ibu hamil tidak boleh asal memilihnya.

Pasalnya, tidak semua obat flu aman dan bahkan bisa memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Nah, berikut beberapa obat flu yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Apa saja? Berikut ulasannya, dikutip dari laman Hellosehat.

Ibu Hamil

Paracetamol

Ibu hamil yang terserang flu dan terpaksa harus minum obat bisa mencoba minum paracetamol tanpa harus menebus resep dokter. Pasalnya, paracetamol termasuk daftar obat flu yang aman dikonsumsi ibu hamil. Obat ini tidak menyembuhkan flu, tetapi efektif meredakan gejalanya seperti flu seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan badan pegal-pegal.

Meski begitu, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika dosis paracetamol yang dianjurkan tidak juga membuat kondisi membaik, tidak perlu ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Obat antivirus

Dilansir dari laman CDC, obat antivirus umumnya juga aman diminum ibu hamil saat flu. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter dan paling efektif bila diminum ibu hamil dalam kurun waktu 48 jam (2 hari) setelah gejala flu muncul. Penelitian dari Clinical Infectious Disease menunjukkan bahwa obat antivirus memiliki manfaat yang lebih besar untuk ibu hamil ketimbang potensi risiko efek sampingnya.

Tak hanya meringankan gejala dan membuat ibu hamil cepat pulih, obat antivirus juga dapat mencegah komplikasi flu serius, salah satunya pneumonia. Biasanya, dokter sering meresepkan antivirus oseltamivir oral sebagai obat flu untuk ibu hamil.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Antihistamin

Obat flu lain yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil termasuk dextromethorphan dan obat ekspektoran yang mengandung guaifenesin. Obat antihistamin, seperti Benadryl dan Claritin juga tergolong aman dikonsumsi sebagai obat flu buat ibu hamil jika penyebabnya adalah alergi.

Nah, itu dia beberapa obat flu yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Namun, jika usia kehamilan masih kurang dari 12 minggu, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan sebelum minum obat flu.

Pasalnya, 12 minggu pertama kehamilan merupakan periode kritis dalam perkembangan organ vital janin. Selain itu, sebaiknya hindari minum obat jenis apapun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini