Share

Perdana! Astra Roma Ballet dari Italia Siap Unjuk Gigi di Indonesia

Syifa Fauziah, Okezone · Rabu 21 September 2022 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 612 2672380 perdana-astra-roma-ballet-dari-italia-siap-unjuk-gigi-di-indonesia-2id8BKw76Z.JPG Astra Roma Ballet Italia, (Foto: MPI/ Syifa)

GRUP tari asal Italia, Astra Roma Ballet siap membuat pencinta seni tari terutama tarian balet di Indonesia.

Ya, Astra Roma Ballet diketahui siap mempersembahkan karya terbarunya di tiga kota besar di Indonesia, Jakarta, Yogyakarta dan Bali lewat suguhan pertunjukkan bertajuk Balloon!

Menariknya, Balloon! Terdiri dari dua bagian yakni 'A new world' dengan koreografi Fausto Paparozzi dan 'Time score' yang menampilkan koreografi dari Giada Primiano. Namun keduanya akan diinterpretasikan bersama-sama dengan Laura Guarisco, Giorgia Montepaone, Alessandro Scavello dan Alex Provinciali.

Balloon! Yanag diartikan dalam bahasa Indonesia yang berarti Komik. Menyuguhkan pertunjukan yang dibagi dalam dua bagian, masing-masing bagian diciptakan oleh koreografer yang berbeda, dengan Robot Super Hero sebagai protagonis, yang dapat menangani semuanya dengan keterampilan dan ketangkasan yang hebat.

Direktur Astra Roma Ballet, Diana Ferrara mengatakan Balloon! yang melibatkan enam orang penari profesional ini merupakan karya pertunjukan baru dan orisinil yang belum ditampilkan di mana pun.

“Di karya kami sebelumnya biasanya menceritakan tokoh terkenal dari berbagai negara, atau mengangkat suatu cerita terkenal. Tapi kali ini cukup berbeda. Karena cerita yang dibuat benar-benar fresh,” ucap Diana saat ditemui dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Diana menjelaskan tema saat ini yang direpresentasikan di atas panggung melalui perangkat novel menari yang menyenangkan berdasarkan plastik dan kartun animasi, Balloon didaktik dan onomatopoeik.

“Karya ini juga mengangkat isu-isu terkini seperti perkembangan teknologi, transisi digital dan dampak emosionalnya pada manusia. Melalui bahasa tari universal, yang berpadu dengan citra komik, suara, musik dan gambar, pertunjukan ini merupakan manifestasi dari masalah yang terdapat di masyarakat Barat dan kebutuhan mendesak untuk memulihkan nilai-nilai emosional,” jelasnya.

Selain pertunjukkan tari akan hadir pula kegiatan workshop yang akan diberikan Diana Ferrara koreografer Giada Primiano. Acara workshop tersebut akan digelar di Yogyakarta dan Bali.

“Workshop yang diberikan berfokus pada petunjuk dasar tari klasik dan khususnya pada anggota tubuh atas dan bawah dalam teknik akademik dan bahasa artistik yang hampir sama sekali tidak dikenal, di mana tari klasik hanya diinterpretasikan sebagai tarian tradisional dan folkloristik,” tutur Diana.

Giada Primiano menambahkan akan memberikan pelajaran berdasarkan prinsip-prinsip dasar teknik tari kontemporer dan urutan pendek gerakan dan improvisasi.

“Pelajaran workshop ini diinterpretasikan sebagai 'jembatan' nyata antara Timur dan Barat. Ini merupakan pertukaran penting antara dua peradaban yang berbeda yang disampaikan melalui bahasa tari secara universal dan Astra Roma Ballet membuktikannya dengan karya-karyanya berdasarkan konsep peradaban, interaksi dan budaya,” tutupnya.

Sebagai informasi, pertunjukan Balloon! ini akan diselenggarakan di Teater Artpreneur Ciputra pada Kamis 22 September 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia di Jakarta, bekerja sama dengan Ciputra Artpreneur, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Denpasar dan Museum Puri Lukisan Ratna Wartha.

BACA JUGA:5 Potret Pengemis Cantik yang Dulu Sempat Viral, Begini Nasibnya Saat Ini!

BACA JUGA:Viral Pria Menikahi 53 Orang Wanita dalam 43 Tahun, Alasannya Bikin Heran!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini