Share

5 Kuliner Khas Curacao yang Bikin Penasaran, Nomor 1 Mirip Jajanan Pasar Indonesia!

Wulansari Listya, Okezone · Kamis 22 September 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 298 2672592 5-kuliner-khas-curacao-yang-bikin-penasaran-nomor-1-mirip-jajanan-pasar-indonesia-t4Flo8TEVH.jpg Kuliner khas Curacao (Foto:

NEGARA Curacao yang masih termasuk dalam kerajaan Belanda sedang ramai diperbincangkan. Ini lantaran Curacao akan bertanding melawan Timnas Indonesia pada 24 dan 27 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Terlepas dari FIFA Match tersebut, banyak fakta-fakta menarik tentang negara Curacao. Negara ini juga merupakan tempat akulturasi budaya dari banyak negara. Beberapa pengaruh budaya tersebut tercermin hampir semua aspek budaya Curacao, salah satunya adalah kuliner.

Negara yang saat ini menduduki peringkat 84 FIFA memang masih terdengar asing. Untuk mengenal lebih dalam tentang Curacao, berikut tim Okezone merangkum 5 kuliner khas Curacao yang bikin penasaran.

5. Funchi

Makanan Khas Curacao

Funchi adalah makanan sederhana yang dibuat dengan tepung jagung, mentega, dan garam. Hidangan ini disajikan bagai kentang goreng yang renyah.

Funchi bisa diiris, digoreng dengan mentega atau minyak, dan disajikan dengan berbagai bahan, atau dapat dikonsumsi apa adanya dan disajikan sebagai pelengkap semur dan sup. Hidangan yang lezat ini bisa menjadi camilan atau lauk untuk makan siang dan malam.

4. Bolo Pretu

Makanan Khas Curacao

Selanjutnya, rekomendasi makanan lokal khas Curacao adalah bolo pretu. Bolo Pretu adalah kue hitam yang dibuat dengan berbagai buah kering seperti ceri, kurma, dan prem.

Proses pembuatan makanan ini cukup panjang hingga membutuhkan waktu berminggu-minggu lamanya. Namun dengan proses yang lama itu menghasilkan rasa unik dalam kue bolo pretu.

Hal tersebut lah yang membuat makanan ini sangat berharga. Bahkan pada awalnya kue ini disajikan hanya untuk acara formal seperti pernikahan. Namun, kue ini kini menjadi lebih umum dan dapat dibeli sebagai oleh-oleh.

3. Kakap Merah Goreng

Makanan Khas Curacao

Sebagian besar makanan lokal khas Curacao adalah makanan laut. Hidangan laut favorit penduduk lokal adalah ikan kakap merah dengan polenta. Hidangan ini adalah ikan goreng yang disajikan dengan saus kreol, polenta matang, pisang raja goreng, dan salad.

Makanan laut ini adalah makanan dengan cita rasa otentik khas Curacao. Selain rasanya yang enak hidangan ini dijamin mengenyangkan. Tak heran pengunjung negara tersebut menyukai kakap merah goreng.

2. Awa di Lamunchi

Kuliner Khas Curacao

Berikutnya bukan makanan, melainkan minuman segar lokal khas Curacao. Minuman ini berbahan utama jeruk nipis yang merupakan bahan penting dalam masakan Karibia.

Minuman menyegarkan ini dibuat dengan simpel hingga sering dinikmati oleh penduduk lokal Curacao pada siang hari. Minuman ini paling banyak ditemui di pantai Curacao karena cocok untuk menyegarkan diri dari cuaca pantai di sana.

1. Pastechi

Makanan Khas Curacao

Dilansir dari curacaoactivities.com, pastechi merupakan makanan lokal khas Curacao yang wajib dicoba. Makanan ini menjadi pilihan menu sarapan bagi masyarakat negara tersebut.

Tampak luar, pastechi memang terlihat seperti pastel. Namun yang menjadi pembeda adalah gorengan ini diisi dengan ayam, keju, daging sapi, ikan kod atau tuna. Sarapan ini cukup mengenyangkan dan menggugah selera saat disajikan dalam keadaan hangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini