Share

Keturunan hingga Salah Perawatan, 4 Biang Kerok di Balik Rambut Rontok

Kevi Laras, MNC Portal · Kamis 22 September 2022 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 611 2673031 keturunan-hingga-salah-perawatan-4-biang-kerok-di-balik-rambut-rontok-toxRAcvHyb.JPG kerontokan rambut, (Foto: Freepik)

RAMBUT sangat penting dan berpengaruh bagi penampilan seseorang. Baik wanita atau pun pria, tua atau pun muda.

Begitu besar dan vital peran rambut, tidak heran banyak orang yang merasa stres saat mengalami kerontokan rambut. Rambut rontok sendiri, bisa dipicu berbagai faktor. Mulai dari faktor internal, hingga faktor dari luar.

Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan Anda bisa menanganinya dengan solusi yang tepat. Menghimpun berbagai sumber, Kamis (22/9/2022) mari simak ulasan empat penyebab rambut rontok (alopecia) di bawah ini.

1. Hormonal dan kondisi medis: Perubahan hormonal akibat kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid, bisa menyebabkan kerontokan rambut permanen atau sementara. Selain itu, kondisi medis termasuk alopecia areata yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerontokan rambut tidak merata. Terjadi akibat infeksi kulit kepala seperti kurap, dan gangguan mencabut rambut yang disebut trikotilomania.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

2. Efek obat atau suplemen: Hobi mengonsumsi obat-obatan atau suplemen? Hati-hati karena penyebab lain dari rambut rontok, bisa karena efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti obat untuk kanker, arthritis, depresi, masalah jantung, asam urat dan tekanan darah tinggi. Bahkan termasuk kemoterapi, terapi radiasi, dan beberapa obat menyebabkan kerontokan rambut yang bisa terjadi di mana saja di bagian tubuh mana pun. Mengutip Cleveland Clinic, itu terjadi pada rambut dalam tahap pertumbuhan. Terkadang, jenis kerontokan rambut ini bisa permanen jika folikel rambut rusak.

3. Keturunan: Secara umum penyebab dari kerontokan rambut adalah kondisi keturunan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebut alopecia androgenik, biasanya terjadi secara bertahap dan dalam pola dapat diprediksi. Dengan kondisi garis rambut surut dan bintik-bintik botak pada pria dan penipisan rambut di sepanjang ubun-ubun kulit kepala pada wanita.

4. Perawatan rambut: Melakukan perawatan rambut yang berlebihan atau gaya rambut, bisa membuat rambut rontok sementara hingga permanen. Kerontokan juga bisa dipicu, apabila sering menguncir rambut terlalu kencang, yang dapat menyebabkan jenis kerontokan rambut disebut traction alopecia.

 BACA JUGA:Awas, Ternyata Keramas Setiap Hari Bisa Merusak Rambut Lho!

BACA JUGA:5 Potret Awkarin Pamer Gaya Rambut Baru, Netizen: Bukan Pesulap Merah Kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini