Share

7 Cara Memaafkan Pasangan yang Berselingkuh, Jaga Jarak Aman

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 22 September 2022 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 612 2672477 7-cara-memaafkan-pasangan-yang-berselingkuh-jaga-jarak-aman-l7YYsbMvZf.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

7 Cara memaafkan pasangan yang berselingkuh menarik untuk dibahas. Memang tidak mudah untuk memaafkan pasangan yang telah berani berselingkuh.

Dari sisi korban perselingkuhan, mereka tentunya membutuhkan waktu dan proses yang panjang untuk bisa memaafkan pasangannya. Banyak dari korban yang terus mencari cara untuk memaafkan pasangannya agar bisa melanjutkan hubungan.

Perselingkuhan

Bagi Anda yang tengah mencari caranya, berikut 7 cara memaafkan pasangan yang berselingkuh.

1. Jujur

Bagian terpenting agar dimaafkan adalah jujur dalam ucapan dan perbuatan. Tidak akan mengulangi perbuatan lagi, agar kepercayaan dari pasangan terbentuk kembali. Selain itu juga tidak memberi tempat untuk kebohongan dalam hal sekecil apa pun.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

2.Mengakui kesalahan

Dia mengakui kesalahannya dan tidak mencari pembenaran. Dia sadar perbuatannya salah dan ingin bertanggung jawab memperbaiki keadaan. Dia juga tidak mencari-cari alasan untuk membela diri.

3.Ingin mempertahankan keluarga

Walau sudah selingkuh, dia tidak ingin meninggalkan keluarga. Dia lebih memilih keluarganya ketimbang pasangan selingkuh. Apa pun dilakukan agar keluarganya tetap utuh.

4.Niat berubah 

Setelah mengakui kesalahan, pelaku mencoba untuk setia. Dengan segala daya dan upaya dia memperbaiki situasi. Tidak ada kontak dengan selingkuhannya lagi, tidak memaksakan keintiman, mencari bantuan profesional, dan lebih spiritua

5. Jangan bersikap emosional

Reaksi marah yang keluar setelah mengetahui pasangan Anda berselingkuh adalah hal yang wajar. Meski demikian, emosi secara berlebihan sangat tidak disarankan. Marah yang meledak-ledak justru akan membuat situasi semakin rumit dan bisa merugikan diri sendiri. Untuk itu, cobalah untuk bersikap tenang agar bisa berpikir secara jernih.

6. Batasi jarak sejenak

Setelah peristiwa perselingkuhan mencuat, sebaiknya Anda dan pasangan membatasi jarak terlebih dahulu. Sejenak melakukan hal ini bisa meredakan emosi dan menjerinihkan pikiran Anda. Sementara bagi pasangan, cara ini bertujuan untuk merefleksi diri dan merenungi kesalahan yang telah ia buat.

7. Meminta bantuan

Jika dirasa beban tersebut terlalu berat untuk dipikul sendiri, cobalah untuk menceritakan keluh kesah Anda kepada teman atau keluarga. Berbagi cerita pada orang yang tepat bisa membantu meringankan pikiran Anda dan juga membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Anda juga bisa meminta bantuan kepada konselor pernikahan. Konselor pernikahan juga akan membantu Anda untuk mengetahui apakah hubungan Anda layak dipertahankan atau tidak.

Demikian 7 cara memaafkan pasangan yang  berselingkuh.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini