Share

Reza Arap dan Adam Levine Dikabarkan Selingkuh, Begini Efeknya ke Pasangan

Raden Yusuf Nayamenggala, MNC Portal · Kamis 22 September 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 612 2672554 reza-arap-dan-adam-levine-dikabarkan-selingkuh-begini-efeknya-ke-pasangan-een5x3kxZb.jpg Adam Levine. (Foto: Instagram)

NETIZEN memang tengah dihebohkan dengan masalah perselingkuhan, baik di dalam maupun luar negeri. Adalah Reza Arap dan Adam Levine, yang dikabarkan melakukan perselingkuhan hingga menjadi heboh.

Perselingkuhan tentunya bisa mengakibatkan masalah dalam hubungan. Karena, bahkan, pengaruh dari perselingkuhan bisa bersifat jangka panjang. Dalam hal ini, yang bersifat jangka panjang tersebut ialah efek psikologis seperti kesehatan mental.

Seperti yang dikutip dari laman psychcentral, Dr Dennis Ortman menggambarkan pasangan yang diselingkuhi dan mengalami trauma. Ortman menamai trauma tersebut sebagai Post-Infidelity Stress Disorder (PISD).

Selingkuh

Penelitian juga menunjukan bahwa perselingkuhan bisa menyebabkan peningkatan kecemasan dan depresi. Bahkan, apabila kamu diselingkuhi, mungkin butuh waktu lama untuk sembuh. Hal tersebut bisa menyebabkan kecemasan kronis, stres pascatrauma, depresi, hingga ketidapercayaan pada orang lain untuk waktu yang lama.

Ketika seseorang jatuh cinta, menghasilkan lebih banyak oksitosin dan dopamin di otak. Perselingkuhan bisa mengganggu jalur tersebut, yang menyebabkan pelepasan bahan kimia di otak. Selain itu, efek psikologis perselingkuhan juga berdampak pada anak. Apabila anak Anda mengetahui Anda selingkuh maka akan menyebabkan banyak dampak buruk.

Kemungkinan anak Anda berpihak dan lebih mempercayai pasangan Anda dibanding Anda. Selain itu, anak Anda pasti mengalami perasaan kecemasan, kebingungan, dan pengabaian.

Sebuah studi juga menunjukan, bahwa anak-anak dengan orangtua yang selingkuh, kemungkinan memiliki masalah kepercayaan dengan pasangan di masa depannya. Bahkan, anak Anda kemungkinan membemtuk persepsi negatif tentang kesetiaan. Menurut sebuah sumber terpercaya, ada anak-anak yang meniru perselingkuhan ketika mereka beranjak dewasa dan menjalin sebuah hubungan.

Beberapa keluarga mungkin bisa melewati perselingkuhan, tapi membutuhkan waktu dan terapi. Untuk melanjutkan hubungan, dibutuhkan komunikasi yang baik dan langah aktif dari pasangan, untuk mengatasi akar penyebab perselingkuhan.

Perselingkuhan juga bisa penyebabkan gejala yang mirip dengan PTSD. Selain itu juga bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti mimpi buruk dan selalu terpikir tentang peristiwa perselingkuhan itu.

Selain itu, Anda juga mungkin mengalami hyperarousal dan menjadi reaktif pada setiap ancaman yang dirasakan pada diri kamu sendiri maupun hubunganmu. Hal tersebut mengakibatkan kamu bisa mengalami gangguan pola tidur dan makan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini