Share

7 Makanan untuk Mencegah GERD, Asam Lambung Aman Terkendali

Wulansari Listya, Okezone · Jum'at 23 September 2022 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 298 2673620 7-makanan-untuk-mencegah-gerd-asam-lambung-aman-terkendali-RBtYmHVdKJ.jpeg Makanan untuk Mencegah GERD (Foto: Timesofindia)

GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan masalah kesehatan yang kini semakin banyak dialami orang. Refluks asam atau asam lambung naik terjadi ketika aliran balik kandungan asam dari lambung mengalir menuju kerongkongan.

Kondisi tersebut sering terjadi dan dapat menyebabkan komplikasi atau gejala mengganggu lainnya seperti mulas. Asam lambung yang mengalir tersebut memiliki rasa sakit yang membakar pada bagian dada bawah.

Ketika kondisi ini terjadi lebih dari 2 kali seminggu, maka penderita didiagnosis penyakit refluks gastroesofageal atau GERD. Makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi jumlah produksi asam di perut. Oleh karena itu mengonsumsi jenis makanan yang tepat adalah cara untuk mengendalikan refluks asam atau penyakit GERD.

Berikut Okezone sajikan 6 makanan yang membantu kondisi refluks asam yang dirangkum dari healthline.com

1. Sayuran

Brokoli

Sayuran secara alami memiliki kandungan yang rendah lemak dan gula. Pilihan sayuran yang baik adalah kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

2. Jahe

Jahe terkenal memiliki sifat anti-inflamasi alami. Biasanya jahe digunakan untuk pengobatan alami penyakit maag dan masalah pencernaan lainnya. Jahe bisa diparut atau diiris untuk membuat minuman seperti smoothie dan teh jahe.

BACA JUGA : Kenali Penyebab Asam Lambung Naik, Kondisi yang Dialami Medina Zein di Rutan

BACA JUGA : 5 Penyebab Asam Lambung Naik Sering Kambuh di Malam Hari

3. Buah non-jeruk

Buah-buahan cenderung tidak memicu gejala asam lambung naik daripada buah-buahan asam seperti jeruk. Pilihan buah-buahan non-jeruk yang baik adalah melon, pisang, apel, anggur, pir, semangka, dan pepaya.

4. Daging dan makanan laut tanpa lemak

Daging tanpa lemak juga dapat mengurangi gejala asam lambung naik. Yang menjadi pilihan daging tanpa lemak adalah ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut yang rendah lemak. Makanan tersebut sebaiknya diolah dengan cara dipanggang atau direbus.

5. Lemak sehat

Sebaiknya kurangi asupan lemak jenuh saat gejala refluks asam. Ganti dengan sumber lemak sehat seperti alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari.

6. Putih telur

Putih Telur

Putih telur adalah makanan pilihan yang baik bagi penderita GERD. Sebaiknya pisahkan kuning telur dari putih telur sebab kandungannya yang tinggi lemak dapat memicu asam lambung naik. Putih telur lebih baik direbus untuk dikonsumsi oleh penderita.

Makanan yang harus dihindari

Selain mengkonsumsi makanan yang membantu kondisi refluks asam, sebaiknya juga memperhatikan makanan yang harus dihindari. Untuk mengontrol gejala tersebut, bisa dimulai dengan menghilangkan beberapa makanan dari menu pilihan sehari-hari.

Beberapa makanan yang harus dihindari agar tidak memperburuk kondisi refluks asam adalah makanan tinggi lemak, tomat, aneka jeruk, cokelat, bawang putih, bawang merah, daun mint, dan makanan pedas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini