Share

5 Makanan Penting untuk Anak-anak di atas 2 Tahun, Enggak Mahal Loh Ayah Bunda!

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 23 September 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 298 2673726 5-makanan-penting-untuk-anak-anak-di-atas-2-tahun-enggak-mahal-loh-ayah-bunda-1ssPzRXlig.JPG bayam penuh nutrisi, (Foto: NDTV Food)

SAAT masa tumbuh kembang, anak-anak butuh perhatian ekstra. Terutama anak di atas usia 2 tahun, usia ketika anak-anak mulai banyak memakan hal yang berbeda.

Maka dari itu, penting untuk ayah dan bunda memberikan makanan yang sehat, tepat agar kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi secara optimal secara keseluruhan. Makanan sehat yang tepat, esensial untuk membantu kemampuan anak, mempertahankan ingatan, meningkatkan sistem kekebalan anak-anak, dan membuat anak-anak cepat belajar kebiasaan makan sehat.

Apa saja makanan yang disebut esensial untuk anak-anak berusia di atas dua tahun? Melansir NDTV Food, Jumat (23/9/2022) sebagaimana dijelaskan ahli diet Garima Goyal, berikut paparannya di bawah ini. 

1. Telur: Sumber protein yang sangat baik, yang dibutuhkan anak-anak untuk pertumbuhan yang maksimal. Itu membuat anak-anak lebih energik dan membantu dalam membangun sel dalam tubuh. Telur diperkaya dengan protein yang mencegah anak-anak dari rasa lelah dan sakit tulang dan membangun sistem kekebalan yang kuat dalam tubuh, yang bekerja untuk melawan penyakit dan infeksi.

2. Susu: Sarat dengan vitamin D dan kalsium, susu merupakan asupan penting yang harus diberikan ke anak. Susu membantu membangun tulang dan gigi yang sehat hingga membantu untuk menjaga tekanan darah pada anak. Selain itu, kalsium membantu mengatasi obesitas pada anak-anak. Vitamin D dalam susu juga membantu mencegah berkembangan banyak penyakit pada anak.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

3. Bayam: Sayuran yang jadi sumber nutrisi penting seperti vitamin C, A, dan K. Bayam bahkan juga mengandung kalsium, potasium, dan zat besi dalam jumlah tinggi yang diperlukan anak-anak selama dalam tahun-tahun pertumbuhan. Bayam membantu pertumbuhan kekuatan otak dan juga darah atau kadar hemoglobin meningkat dengan konsumsi bayam secara teratur. Sifat antimikroba dari bayam membantu memerangi infeksi dan juga menjaga kesehatan hati loh! 

4. Wortel: Sarat vitamin A, yang esensial untuk meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan pertumbuhan sel di organ lain dalam tubuh. Sayuran lezat ini juga efektif dalam membangun kesehatan gigi yang baik pada anak-anak. Selain itu, diperkaya dengan serat makanan sangat baik untuk mencegah infeksi perut. 

5. Buah sitrus: Buah jeruk contohnya, ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak karena mengandung banyak vitamin C yang membantu membangun sistem kekebalan yang kuat pada tubuh, sehingga anak tak mudah batuk pilek atau sakit lainnya. Selain itu, buah sitrus juga mengandung nutrisi penting seperti folat dan potassium dan membantu lebih banyak penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi merupakan faktor penting dalam membangun jumlah hemoglobin. Bahkan bisa meningkatkan penglihatan anak secara signifikan juga, karena jeruk kaya akan fitonutrien

 BACA JUGA:Jumlah Kalori Es Podeng, Minuman Segar yang Bikin Ketagihan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini