Share

Cuaca Tak Menentu, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan 5 Minuman Sehat nan Murah Ini

Novie Fauziah, Okezone · Jum'at 23 September 2022 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 298 2673784 cuaca-tak-menentu-jaga-daya-tahan-tubuh-dengan-5-minuman-sehat-nan-murah-ini-qqrQ3SKL8q.JPG 5 minuman sehat untuk jaga daya tahan tubuh, (Foto: Freepik)

BELAKANGAN ini cuaca sedang sangat tidak menentu, siang hari bisa sangat terik panas lalu tiba-tiba hujan deras mengguyur semalaman.

Cuaca yang tak menentu dan berubah dengan sangat drastis dalam waktu cepat ini tentu mengancam kesehatan dan daya tahan tubuh.

Makanya, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat, agar membantu melindungi imunitas dari serangan penyakit mau pun virus. Ada beberapa jenis minuman yang sehat yang bisa dikonsumsi dan dibuat sendiri dengan mudah di rumah. Menghimpun berbagai sumber, Jumat (23/9/2022) berikut ulasan singkat lima rekomendasi minuman sehat untuk bantu jaga daya tahan tubuh.

1. Jus jeruk: Vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang melindungi sel-sel dari zat-zat yang merusak tubuh dan penyakit infeksi. Nah Anda juga bisa mengonsumsi aneka buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Misalnya jeruk, yang bisa diolah menjadi jus segar. Cukup kupas jeruk segar, lalu buang bijinya, peras sari-sarinya dan bisa langsung diminum, atau diberi sedikit gula dan air.

2. Jahe murni: Selain rasanya hangat dan menenangkan, jahe juga dikenal sebagai anti inflamasi. Minuman jahe murni tanpa gula sendiri mudah dibuat, mengutip kanal YouTube Maria Juliana Gultom, siapkan 5 ruas jahe, 4 batang serai, 1500 mili liter air. Kemudian didihkan air, dan sambil menunggu kupas kulit jahe sampai bersih, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air mengalir. Setelah itu, kupas bagian kering batang serai, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Setelah itu potong bagian ujung batangnya, dan lipat-lipat. Begitu juga dengan jahe, geprek supaya sarinya gampang keluar. Ketika air mulai panas, masukan jahe dan serai. Aduk sebentar, tunggu sampai mendidih dan sari-sari jahe dan serai keluar. Kemudian matikan api, dan air jahe siap diminum.

3. Jamu kunyit jahe serai: Minuman sehat dan menyegarkan ini juga gampang dibikin.

Dikutip dari channel YouTube Dapur Diizah, siapkan air 500 ml, satu ruas kunyit, satu ruas jahe, satu batang serai, satu buah jeruk nipis, dan dua sampai tiga sendok madu.

Caranya, potong-potong kecil serai, kunyit dan jahe tanpa perlu dikupas kulitnya. Tapi sebelumnya telah dicuci bersih dengan air mengalir. Setelah itu geprek sebentar, aga sari ekstraknya keluar. Setelah itu masukkan ke dalam panci, dan masukan juga air. Panaskan dengan api sedang, tunggu sampai mendidih dan sari-sari jahe, serai dan kunyitnya keluar.

Ketika mendidih, matikan api dan diamkan 2-3 menit atau agak hangat. Setelah itu saring dan tuangkan ke dalam gelas, dicampur dengan madu dan perasan jeruk nipis.

4. Jus tomat: Tomat kaya akan vitamin B-9, umumnya dikenal sebagai folat yang membantu menurunkan risiko infeksi. Tomat juga mengandung magnesium dalam jumlah sedang yang juga bertindak sebagai anti-inflamasi. Buat jus tomat di rumah, mudah sekali karena tidak perlu juicer atau blender. Cukup dipotong kecil-kecil, haluskan dan ambil sarinya dengan menggunakan saringan. Selain membuatnya jadi jus, Anda juga bisa memakan tomat secara langsung atau dijadikan campuran salad.

5. Jus bit wortel apel jahe: Bit, wortel, jahe dan apel jadi perpaduan yang pas, sehat dan lezat untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus mengurangi gejala inflamasi.

Caranya, cuci bersih semua buahnya, lalu kupas dan untuk jeruk jangan sampai bijinya ikut dihaluskan. Kemudian campur buah bit, wortel dan apel ke dalam blender. Beri sedikit air agar saat dihaluskan akan lebih mudah. Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit gula diet.

Setelah itu, tuangkan ke dalam gelas dan siap diminum. Lebih nikmat jika dinikmati dalam keadaan dingin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini