Share

Segini Kalori Tempe Orek, Lauk Nikmat Pendamping Nasi

Vivin Lizetha, Okezone · Jum'at 23 September 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 298 2673815 segini-kalori-tempe-orek-lauk-nikmat-pendamping-nasi-G2P7MkbEEN.jpeg Kalori Tempe Orek (Foto: Cookpad)

KALORI tempe orek akan dibahas dari artikel ini. Tempe menjadi makanan khas masyarakat Indonesia. Banyak menu yang berasal dari pengolahan tempe. Seperti mendoan, tempe goreng, gulai tempe, sayur tempe, hingga orek tempe.

Tempe orek adalah jenis makanan yang sering ditemui untuk dijadikan pasangan nasi. Mulai dari nasi uduk, nasi kuning, dan nasi putih. Tak jarang tempe orek juga dijadikan cemilan sehat.

Kalori Tempe Orek

(Kalori Tempek Orek, Foto: Cookpad)

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bawang merah dan putih, daun salama, garam, kecap manis, cabe jika ingin, minyak dan lengkuas. Setelah menumis bawang lengkuas dan daun salam, masukkan tempe yang sudah dipotong-potong, gula, garam kecap manis. Jangan lupa tambahkan air. Setelah koreksi rasa, orek tempe siap disantap.

Ada banyak manfaat dari tempe. Seperti dapat mengendalikan kolesterol karena kandungan isoflavon di dalamnya. Tak hanya itu, tempe mengandung prebiotik yang dapat membuat saluran pencernaan menjadi sehat.

BACA JUGA : Jumlah Kalori Lontong, Makanan yang Biasa Jadi Menu Sarapan

Selain itu, diketahui tempe juga baik untuk diet. Karena konon katanya protein yang terkandung dalam tempe membuat kenyang lebih lama. Bagaimana dengan tempe orek?

BACA JUGA : Segini Kalori Rendang Ayam, Awas Jangan Kalap Makan!

Dikutip dari fatsecret, Jumat (23/9/2022), ada sekitar 175 kalori dalam 100 gram tempe orek. Kandungan lemaknya sekitar 39 persen. Karbohidratnya 33 persen dan protein 28 persen.

Jumlah tersebut belum termasuk jika digabungkan dengan menu lain seperti nasi, telur, ayam, dan lain-lain.

Tempe orek cocok untuk diet jika tak dimakan berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tak ada yang baik. Bisa-bisa Anda terkena asam urat jika terlalu banyak memakan protein hewani, seperti orek tempe.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini