Share

5 Tips Menjadi MUA untuk Pemula dari Arman Armano, Jangan Cuma Latah!

Syifa Fauziah, Okezone · Jum'at 23 September 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 611 2673441 5-tips-menjadi-mua-untuk-pemula-dari-arman-armano-jangan-cuma-latah-tbidToALCJ.jpeg Tips Menjadi MUA untuk Pemula (Foto: Easterncollege)

MAKEUP Artist (MUA) salah satu profesi yang digandrungi oleh masyarakat sejak beberapa tahun ke belakangan, baik oleh pria maupun wanita. Ditambah dengan berkembangnya media sosial yang pesat, kini peran MUA semakin penting, dimulai dari acara spesial, produksi konten, hingga sekadar ekspresi diri.

Anda tertarik memulai karir menjadi MUA?  Arman Armano, Founder Arman Armano Academy dan Penyelenggara Arman Armano Makeup Awards (AAMA) 2022 memberikan tips kepada anak muda yang kini sudah mulai tertarik untuk menjadi MUA.

Ketekunan dan kemauan belajar

Tips Menjadi MUA untuk pemula

Saat ini karier menjadi seorang MUA semakin terbuka aksesnya. Sebab untuk menjadi MUA tidak diperlukan pelatihan formal, sehingga siapa saja bisa menggelutinya asal memiliki ketekunan dan kemauan untuk belajar.

Kreatif dan inovatif

Perkembangan MUA terbilang cukup pesat ini. Karenanya, menurut Arman Armano hal yang diperlukan sebagai MUA adalah harus kreatif dan inovatif.

"Karena pertumbuhannya (MUA) sekarang ini cepat banget. MUA muda bermunculan bahkan tiap bulannya nggak sedikit, kalau kita gitu-gitu aja akan disalip. Makanya harus inovatif," ujarnya di sela-sela acara Arman Armano Makeup Awards (AAMA) 2022 saat ditemui baru-baru ini.

Membangun branding dengan karakter kuat

Menurut Arman Armano, menjadi seorang MUA memiliki hasil makeup yang bagus saja tidak cukup. Pastinya harus memiliki sesuatu yang kuat agar bisa dilirik oleh pasar.

"Contoh branding media sosial banyak caranya kan. Harus punya karakter yang kuat baik secara karya atau personal karakter. Karena personal karakter akan mempermudah membangun personal brandingnya. Personal brandingnya harus dikuatin," jelasnya.

Pengalaman itu penting

Tips Menjadi MUA untuk pemula

Selain itu juga ketika menjadi MUA harus mengikuti berbagai kompetisi makeup artist. Hal itu juga untuk menambah ilmu dan pengalaman.

"Banyak MUA yang udah tau gaya itu, yaudah itu itu aja. Udah tau style a, yaudah style a aja. Padahal untuk jadi profesional kita harus siap makeup apapun kan. Seperti di AAMA 2022 ini kita memiliki empat challenge, ada yang glam wedding makeup, soft wedding makeup, fantasy beauty, dan simply flawless. Jadi mereka bisa belajar," terangnya.

Mental dan keinginan sungguh-sungguh

Arman Armano menceritakan pengalamannya saat awal-awal terjun ke dunia makeup artist. Dia mengatakan banyak kendala yang dihadapi, namun dia tetap harus melewatinya.

"Ya pasti akan bertemu klien dengan berbagai macam karakter. Ada yang asik ada yang nyebelin. Karena buat saya itu pekerjaan yang menyenangkan, jadi ngalir aja," tambahnya.

Menurutnya ketika menjadi seorang MUA, pastinya hal yang harus dipersiapkan ada mental dan keinginan yang sungguh-sungguh. Sebab menurutnya banyak kasus orang menjadi MUA karena mengikuti tren.

"Sekarang banyak orang attentionnya ke dunia makeup lagi tinggi. Banyak yang latah mau jadi makeup artist. Jadi menurutku harus diniatkan sungguh-sungguh karena kalau latah dan nggak 100 persen nggak akan bertahan lama," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini