Share

Tren Skin Cycling Viral di Tiktok, Ini Cara Melakukannya!

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Jum'at 23 September 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 611 2673674 tren-skin-cycling-viral-di-tiktok-ini-cara-melakukannya-lh4n0l0TJd.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

BEBERAPA waktu lalu, video soal metode skin cycling viral di media sosial TikTok. Metode kecantikan satu ini dianggap sebagai salah satu cara mudah untuk merawat kulit.

Skin cycling merupakan metode perawatan kulit yang dilakukan secara berulang selama empat malam. Teknik perawatan kulit ini dipopulerkan oleh dr. Whitney Bowe, seorang dermatolog asal New York, Amerika Serikat.

 skin cycling

Menurutnya, perawatan kulit tidak perlu dibuat rumit. Hanya diperlukan beberapa produk untuk mendorong hasil yang maksimal. Dan yang terpenting adalah dengan memaksimalkan perawatan kulit di malam hari.

Terdapat rutinitas yang dilakukan selama empat malam untuk menjalankan metode satu ini. Mulai dari tahap pengelupasan, penggunaan retinol, lalu pemulihan di malam ketiga dan keempat. Tahapan ini dilakukan secara berulang.

Dengan melakukan skin cycling selama dua siklus alias 8 malam, kulit akan lebih terhidrasi dan terasa lebih lembut. Setelah dilakukan rutin selama 2 bulan, garis-garis halus dan kerutan dapat tersamarkan dengan baik. Selain itu, noda hitam di wajah juga bisa terlihat lebih cerah.

Nah, jika Anda tertarik melakukan skin cycling, berikut sederet rutinitas yang bisa dilakukan secara rutin:

  

1. Pengelupasan

Malam pertama, disarankan untuk melakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Untuk mengelupaskan kulit, kamu dianjurkan memilih chemical exfoliator dibandingkan physical exfoliator. Karena chemical exfoliator menggunakan produk eksfoliasi berbahan kimia untuk mengangkat sel kulit mati agar sel-sel baru bisa tumbuh. Efeknya, kulit wajah terasa lebih sehat dan halus.

2. Aplikasikan Retinol


retinol


Pada malam kedua, perawatan kulit dimulai dengan penggunaan retinol. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan produk satu ini. Pasalnya, retinol dapat mengiritasi dan menimbulkan peradangan pada kulit wajah, apalagi pada kulit sensitif. Sebaiknya, gunakan sedikit retinol, lalu aplikasikan dengan rata ke seluruh bagian wajah. Pastikan untuk tidak berlebihan dalam menggunakannya.

Sebelum mengaplikasikan retinol, jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah digunakan, Anda bisa melanjutkan perawatan wajah dengan mengaplikasikan pelembap.

3. Pemulihan

 Setelah pengelupasan kulit dan penggunaan retinol, di malam ketiga dan keempat Anda hanya perlu fokus mengistirahatkan kulit dan memperbaiki skin barrier. Caranya dengan membersihkan wajah seperti biasanya, kemudian dilanjutkan dengan pengaplikasian pelembap.

Pastikan tidak menggunakan pelembap yang mengandung vitamin A atau retinol di dalamnya. Berbeda dengan rutinitas malam hari, perawatan kulit selama pagi hari harus lebih sederhana. Dianjurkan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut, seperti serum vitamin C, pelembap, dan tabir surya alias sunscreen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini