Share

Pentingnya Mendorong Anak Muda Berperan Dalam Pengendalian Perubahan Iklim

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 September 2022 23:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 612 2673666 pentingnya-mendorong-anak-muda-berperan-dalam-pengendalian-perubahan-iklim-RUWAlsDwKT.jpg Perubahan iklim membahayakan (Foto: Voice of youths)

SAAT ini perubahan iklim semakin mengerikan dampaknya. Bukan hanya menimbulkan gelombang panas di Eropa beberapa bulan lalu, namun juga menimbulkan lonjakan penyakit, seperti penyakit kanker kulit karena pemanasan global.

Oleh karena itu Peneliti Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) Andi Ahmad Yani S.Sos, M.Si, MPA, M.Sc meminta anak muda, baik pelajar maupun mahasiswa perlu terus didorong untuk berperan penting dalam pengendalian perubahan iklim akibat peningkatan emisi karbon dioksida di atmosfer bumi.

Dikutip dari Antara, ia mengatakan, generasi muda perlu memainkan peran penting dengan melakukan tindakan nyata dan sederhana mengurangi produksi jejak karbon, misalnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan terlibat dalam gerakan atau organisasi relawan yang bergerak pada penanaman pohon atau mangrove.

"Penting juga menyebarkan informasi dan kesadaran kepada teman dan keluarga untuk ikut terlibat meminimalkan produksi gas emisi dan karbon," katanya.

 generasi muda harus peduli perubahan iklim

Sementara itu, Ketua Yayasan Perspektif Baru Hayat Mansur mengatakan, literasi perubahan iklim kepada generasi muda seperti pelaja dan mahasiswa sangat penting sebagai bagian upaya bersama penanggulangan perubahan iklim.

Generasi muda yang sadar dan cerdas iklim dapat menjadi aktor dan berperan aktif dalam agenda-agenda pengendalian perubahan iklim.

Global Sustainability Services Lead and Chief Responsibility Officer at Accenture Peter Lacy turut mengapresiasi Green school Bali karena telah mendorong para pelajar untuk peduli dengan lingkungan. "Kami bangga memberikan penghargaan sekolah terbaik dunia untuk aksi lingkungan yang memberdayakan generasi masa depan dalam memanfaatkan teknologi baru dan praktik inovatif untuk mengatasi masalah keberlanjutan global yang berdampak pada kita semua.”

 BACA JUGA:Ide Ilmuwan Bekukan Kutub Es yang Mencair Demi Lawan Krisis Iklim

Head of Corporate Sustainability at American Express mengatakan, pihaknya senang menyaksikan para pelajar sebagai generasi muda melakukan berbagai upaya untuk melindungi lingkungan dan masa depan mereka. "Ini sesuai dengan tujuan kita, mencari solusi permasalahan iklim, dan kedepannya akan terus mendukung program dan kerja sama untuk membangun ketahanan iklim dan masyarakat yang berkeadilan."

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini