Share

Ibu Hamil Wajib Tahu, Perlunya Asam Folat untuk Bangun Otak Janin

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 23 September 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 612 2673763 ibu-hamil-wajib-tahu-perlunya-asam-folat-untuk-bangun-otak-janin-c3OSMaOG3p.jpg Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

BAGI ibu hamil, pemenuhan nutrisi dan vitamin memang sangat penting untuk mencegah bayi lahir cacat. Nah, salah satu nutrisi yang paling dipenuhi adalah asam folat untuk mencegah gangguan pada otak bayi, pun masalah tulang belakang bayi.

Khusus pada ibu hamil, asam folat yang cukup dipercaya mampu Itu kenapa ibu hamil sangat disarankan tercukupi asam folat hariannya. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mendesak setiap wanita usia produktif, termasuk ibu hamil, untuk konsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari.

Asam folat sendiri adalah vitamin B. Nah, tubuh manusia menggunakan asam folat untuk membuat se-sel baru. Asam folat bisa ditemukan pada nasi, pasta, roti, pun dalam bentuk suplemen. Lantas, mengapa asam folat ini penting pada tahap sebelum dan selama kehamilan?

Ibu Hamil

CDC menjelasan, ketika janin berkembang di dalam rahim, asam folat bertugas membentuk tabung saraf. Tabung saraf tersebut membentuk otak dan tulang belakang janin.

Itu kenapa, ketika asam folat kurang saat masa kehamilan, maka bayi berisiko lahir dalam kondisi cacat, khususnya pada otaknya, ataupun memiliki risiko tinggi masalah tulang belakang.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Diterangkan sebelumnya bahwa kebutuhan asam folat harian itu 400 mcg, tapi pada beberapa kasus mungkin dokter menyarankan dosis yang lebih tinggi tergantung pada kondisi kesehatan si perempuan.

Di sisi lain, apakah asam folat hanya diperlukan saat sebelum dan selama kehamilan? Jawabannya tidak. Asam folat penting bagi setiap perempuan usia subur. Jadi, jika Anda wanita usia subur, maka konsumsi asam folat secara ideal akan sangat menentukan juga kualitas kesehatan tubuh Anda.

So, itu dia sederet manfaat asam folat untuk ibu hamil. Jangan disepelekan, karena asam folat sudah terbukti memberi dampak pada otak bayi Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini