Share

5 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi, Bisa Jadi Hidangan Enak!

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 24 September 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 298 2674071 5-sayuran-penurun-kolesterol-tinggi-bisa-jadi-hidangan-enak-mvKiOHydJt.jpg Sayuran penurun kolesterol tinggi (Foto: Cookpad)

5 SAYURAN penurun kolesterol penting Anda ketahui. Karena, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.  

Ada beberapa jenis sayuran yang menurut ahli kesehatan punya manfaat signifikan untuk menurunkan kolesterol. Diklaim juga bahwa semua sayuran tersebut punya rasa yang enak, sehingga Anda bisa menambahkan sayuran itu ke menu masakan setiap hari.

So, apa saja 5 sayuran penurun kolesterol paling cepat itu? Dilansir dari laman Eat This, berikut ulasan selengkapnya:

1. Asparagus

Asparagus

Asparagus adalah sayuran lain yang penuh dengan nutrisi bermanfaat. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan asparagus ke menu masakan Anda setiap hari, ya.

"Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini juga kaya akan folat yang dapat menurunkan kadar homosistein dalam tubuh yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah," papar Janet Coleman, RD, ahli diet terdaftar di The Consumer Mag.

BACA JUGA : Banyak Varian Isian, Benarkah Dimsum Mengandung kolesterol?

2. Brokoli

Sayuran yang satu ini bukan hanya lezat, tapi juga mampu mengelola kolesterol dalam tubuh Anda. "Brokoli adalah sayuran yang bisa secara konsisten menurunkan kolesterol karena kandungan serat dan vitamin C yang tinggi," tambah Coleman.

3. Kubis brussel

Sayuran ini kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi, jadi tidak ada salahnya menambahkan kubis brussel ke menu diet harian Anda. "Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan begitu mampu menjaga kesehatan termasuk menurunkan tekanan darah," ungkap Coleman.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Bayam

Bayan

Bayam adalah sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama dalam hal mengelola kesehatan jantung. Bayam juga mengandung serat dan itu yang membuat sayuran jenis ini baik untuk menurunkan kolesterol Anda.

"Serat pada bayam mampu menurunkan kolesterol jahat. Hal ini karena serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami sekaligus menurunkan kadar kolesterol," terang Trista Best, MPH, ahli nutrisi di Balance One Suplemen. 

5. Artichoke

Nama sayuran ini memang tidak begitu familiar di telinga orang Indonesia. Tapi, melihat fotonya mungkin Anda akan tahu artichoke seperti apa.

Sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengelola kolesterol. Terlebih kandungan serat, magnesium, dan antioksidan yang ada di sayuran ini pun memastikan kesehatan Anda paripurna.

"Artichoke tinggi serat, magnesium, dan antioksidan seperti vitamin C dan beta karoten. Sayuran ini juga tinggi vitamin K yang membantu mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam arteri. Bahkan, artichoke punya sifat anti-peradangan," kata Coleman.

So, itu dia 5 sayuran penurun kolesterol paling cepat. Menambahkan sayuran ini ke menu diet harian bisa membantu Anda mendapatkan kesehatan yang lebih optimal, khususnya dapat menurunkan kolesterol Anda yang tinggi itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini