Share

8 Wisata Kuliner di Curacao, Ada yang Suguhkan Hidangan Khas Indonesia!

Adinda Fahrani, Jurnalis · Sabtu 24 September 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 298 2674245 8-wisata-kuliner-di-curacao-ada-yang-suguhkan-hidangan-khas-indonesia-iklkfX8XSL.jpg Indonesian Rice Table (Foto: Immaterieel Erfgoed)

CURACAO adalah sebuah pulau yang termasuk ke dalam Kepulauan ABC di Laut Karibia. Pulau Curacao ini merupakan salah satu dari empat negara Kerajaan Belanda. Pulau ini menyajikan perpaduan masakan yang mencerminkan budaya dan sejarah yang beragam.

Curacao menyediakan hidangan tradisional Karibia, Belanda, Indonesia, dan negara tetangga Venezuela. Kuliner di sana sangat luas, dengan ruang makan yang elegan, kafe tepi pantai, dan truk makanan.

Budaya Curacao yang bervariasi menghidangkan makanan seperti semur daging sapi Indonesia, kentang goreng funchi, keju isi, dan banyak lagi.

Apa saja makanan yang wajib dicoba ketika sedang berada di Pulau Curacao? melansir dari afar.com inilah 8 makanan yang tidak boleh dilewatkan, berikut ulasannya.

Pastechi Silva Snack

Pastechi

Bila kamu menyusuri jalan utama di pagi hari, kamu akan menemukan stan dan truk yang menjual makanan sarapan lokal. Salah satu yang paling populer adalah pastechi, makanan ini mirip dengan makanan dari Indonesia yakni pastel.

Pastechi berbahan dasar tepung yang diolah menjadi adonan goreng yang isinya mirip dengan empanada, tetapi kulitnya lebih renyah. Isinya berupa ayam, keju, ikan cod, daging sapi, atau tuna.

Bila kamu ingin mencoba menu lainnya mampirlah ke truk pinggir jalan dan pesan batido, smoothie yang dibuat dengan susu kental dan buah-buahan tropis seperti asam, markisa, dan sirsak. Lalu pergi ke Silva Snack, restoran kasual yang terkenal dengan pastechinya.

BACA JUGA :ย Mengenal Pastechi, Makanan Khas Curacao yang Mirip Banget Pastel!

Williburger di Toko Williwood

Desa Sint Willibrordus yang terletak di sisi barat pulau, terkenal dengan burung flamingo, dataran garam, dan burger kambing di Williwood. Pedesaan Williwood dulunya merupakan toko, restoran casual yang sekarang memiliki teras, toko souvenir, dan kerumunan orang yang sedang mengantri untuk mencicipi burger terkenal ini. Menunya sedikit, hanya ada beberapa makanan pembuka dan Williburger ada empat bentuk yang berbeda.

Kentang Goreng Bebek di Kome

Masakan Curacao dalam hidangan tradisional sering diubah menjadi masakan modern. Funchi adalah bubur tepung jagung yang mirip dengan polenta. Hidangan Afrika ini disajikan dengan cara berbeda di seluruh Karibia, dan sajian populer di Curacao adalah kentang goreng funchi, irisan tepung jagung yang renyah dan tebal yang dapat dicelupkan ke dalam saus.

Di Kome, kamu dapat menikmati versi gourmet dengan bebek confit, telur rebus, veloute, dan kulit bebek suwir. Kome berarti โ€œmakanโ€ dalam dialek lokal Papiamentu, dan kombinasi rasa bebek yang kaya, tekstur yang renyah dan lembut, dan kentang goreng funchi yang asin membawa Kome ke tingkat yang lebih tinggi.

Keshi Yena di Rozendaels

Banyak hidangan khas Curacao berasal dari abad ke-17 dan ke-18. Keshi Yena sangat populer di Curacao. Dikatakan bahwa budak menemukan hidangan ini. Mereka mengisi cangkang keju Edam atau Gouda yang besar dengan sisa makanan apa pun yang bisa mereka temukan. Hidangan ini dipanggang sampai keju meleleh dan biasanya diisi dengan ayam, zaitun, kismis, dan rempah-rempah.

Untuk kamu yang ingin mencicipi pergilah ke Rozendaels untuk mencoba dalam suasana elegan dengan taplak meja safron yang dikelilingi oleh pohon palem. Di sini, keshi yena disajikan dengan gouda dan selada.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Ayam Bakar di Truk Makanan Koki Riba Bloki

Kamu wajib mencoba hidangan di truk makanan Curacao. Rupanya Curacao menjadi tuan rumah untuk menyajikan makanan dengan truk untuk orang-orang yang suka membanjiri bar dan klub malam.

Truk mulai berbaris di jalan utama sekitar pukul 8 malam dan melayani hingga pukul 3 pagi. Truk makanan paling ikonik adalah BBQ Express, tetapi ayam panggang dengan kentang goreng terbaik ada di truk makanan Koki Riba Bloki, dengan kentang goreng yang dilumuri saus kacang, bawang putih, dan rosada untuk kombo lokal.

Kakap Merah di Serafina

Kamu akan dimanjakan dengan pilihan semua makanan di Curacao, tetapi untuk hidangan Italia yang berkualitas tinggi Serafina adalah yang terbaik. Tempat ini terletak di sebuah rumah kolonial dengan halaman yang indah dengan deretan lampu berkelap-kelip, restoran ini menawarkan suasana yang ramah, dengan koki yang menyapa setiap meja.

Kakap merah adalah hidangan lokal favorit di seluruh wilayah Karibia, biasanya disajikan dengan saus Creole dan pisang raja goreng. Di Serafina, hidangan ini dipanggang dan dibalut dengan saus lemon yang lembut. Rasa segar menyeruak dan teksturnya keras dan bersisik.

Rum Hijau di Netto Bar

Curacao terkenal dengan namesake nya liqueur biru, tetapi kamu bisa meminumnya dimana saja. Hanya di pulau ini kamu bisa minum rom berde dan rum hijau yang asli dari pulau ini. Masuk ke bar netto dan kamu akan disambut dengan banyak foto, plat nomor dan sejarah. Dibuka sejak 1954, bar ini menyediakan koktail rum hijau, tapi pilihan paling tradisional di sini adalah gelas shot. Minuman ini memiliki rasa manis dan pahit. Minuman ini sangat kuat dan dapat membuat anda pusing tetapi itulah sensasinya.ย 

Indonesian Rice Table di Landhuis Daniel

Indonesian Rice Table

Sejak Belanda menjajah Indonesia dan Curacao, kamu akan menemukan pengaruh kuliner Indonesia di seluruh pulau, dari saus kacang hingga sate. Kamu harus mengunjungi Indonesian Rice Table di Landhuis Daniel yang berkonsep ruang terbuka. Duduk di teras menikmati rendang, telur balado, dan hidangan menu lainnya dengan bumbu dan sayuran dari kebun restoran. Rasanya memang tidak sekuat versi tradisional Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini