Share

11 Cara agar Kucing Cepat Gemuk dan Bulu Lebat, Diklaim Bikin Gemoy

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 24 September 2022 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 612 2674300 11-cara-agar-kucing-cepat-gemuk-dan-bulu-lebat-diklaim-bikin-gemoy-5HzhVnNnNq.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

11 cara agar kucing cepat gemuk dan bulu lebat yang wajib diketahui para pecinta hewan satu ini. Hewan bulu satu ini identik dengan badan yang gemuk dan bulu yang lebat nan halus.

Namun, tak jarang dijumpai seekor kucing yang memiliki tubuh yang kurus dan bulu yang tipis. Umumnya, keadaan itu dialami oleh kucing-kucing liar yang ada di jalanan. Tak menutup kemungkinan kucing rumahan juga mengalami demikian lantaran beberapa faktor.

Berikut 11 cara agar kucing cepat gemuk dan bulu lebat:

1. Atur Pola Makan Kucing

Agar kucing gemuk, memiliki bulu lebat dan sehat sebisa mungkin atur jadwal pemberian makan. Setiap harinya minimal beri makan 2 kali sehari. Namun jika ingin lebih cepat gemuk maka berikan kucing makan 3 kali sehari, di jadwal yang telah ditentukan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Pilih Makanan yang Sesuai dengan Gizi Kucing

Kucing adalah kelompok hewan omnivora atau pemakan daging, otomatis makanan yang diberikan harus banyak mengandung daging agar kucing cepat gemuk, berbulu lebat dan sehat.

3. Beri Makanan Kaleng untuk Anak Kucing

Makanan kaleng untuk anak kucing memiliki kandungan protein dan lemak per gram yang lebih tinggi dibandingkan makanan kaleng yang dibuat untuk kucing dewasa. Sebab, anak kucing di masa pertumbuhannya membutuhkan sumber asam amino dan asam lemak tambahan untuk membangun otot dan organ mereka yang sedang tumbuh. Dengan asupan yang cukup maka anak kucing akan tumbuh sehat dengan badan gemuk dan bulu lebat.  

4. Pilih Makanan Basah

Secara umum, makanan kaleng atau basah lebih tinggi protein dan lebih rendah karbohidrat daripada makanan kering. Selain itu, kucing tampaknya lebih mudah menerima makanan basah ketimbang makanan kering, terutama mereka yang kesulitan menemukan nafsu makan. Dengan memberi makanan basah pada kucing dapat membuat kucing cepat gemuk dan memiliki bulu yang lebat.

5. Tingkatkan Jumlah Makanan Secara Bertahap

Jangan berharap kucing akan dalam jumlah makanan yang ditargetkan untuk menambah berat badan sekaligus. Terkadang membagi pola makan secara bertahap harus dilakukan hingga meningkatkan jumlah makanan di setiap sesi pemberian makan dan mengurangi jumlah sesi pemberian makan.

6. Beri Suplemen Minyak Ikan

Minyak ikan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kandungan kalori dalam makanan kucing. Minyak ini mampu meningkatkan nafsu makan kucing. membuat bulu kucing terlihat sehat dan berkilau. Minyak ini sebagai sumber asam lemak omega sehat yang sangat baik.

7. Berikan Camilan Buatan Sendiri yang Sehat

Memberikan potongan ayam rebus atau telur rebus adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan kalori kucing. Sebisa mungkin makanan atau camilan yang dibuat hanya direbus dengan air dan tidak digoreng, tanpa garam atau bumbu lainnya. Sehingga kesehatan anak bulu terjaga dan bulu yang dihasilkan selain lebat juga berkilau.

8. Olah Makanan Lebih Menarik

Beberapa kucing bisa sangat cerewet terkait asupan makanan. Sebagai pemilik peliharaan perlu menggunakan imajinasi untuk memasukkan lebih banyak kalori. Hal-hal seperti penggunaan kaldu dari ayam rebus tanpa tambahan garam atau bumbu ke makanan kucing, bermain dengan konsistensi, presentasi atau bentuk dan suhu makanan adalah hal yang bisa dicoba.

9. Berikan Beberapa Menu Pilihan

Sama seperti manusia, beberapa kucing tidak menyukai resep tertentu. Untuk itu, alangkah baiknya memilih lebih dari satu jenis makanan kucing berkualitas tinggi. Cara mudah untuk mengetahui makanan yang disukainya adalah dengan menawarkan berbagai jenis makanan sekaligus dan melihat reaksi kucing dalam preferensi tertentu.

10. Awasi Sensitivitas dan Intoleransi pada Makanan

Sensitivitas dan intoleransi terhadap makanan tertentu atau komponen formula dapat menjadi alasan mengapa kucing makan lebih sedikit dan kehilangan berat badan. Kepekaan ini bisa berkembang di kemudian hari sehingga makanan yang dulunya bisa diterima dan dicerna oleh tubuh sekarang bisa membuat kucing merasa tidak enak badan. Bau gas, diare, dan muntah adalah tanda-tanda bahwa kucing sedang intoleran dengan beberapa bahan makanan.

11. Siapkan Air Minum yang Bersih

Tak hanya makanannya saja, air juga sangat penting untuk kucing. Air mempunyai segudang manfaat untuk kucing, jika ingin memberikannya susu berikan susu khusus untuk kucing agar cepat gemuk berbulu lebat dan sehat.

Demikian 11 cara agar kucing cepat gemuk dan memiliki bulu lebat. Sebisa mungkin perhatikan dengan baik asupan anak bulu kesayangan Anda.

(RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini