Share

4 Menu Sarapan Rendah Kolesterol yang Sehat dan Mengenyangkan

Novie Fauziah, Okezone · Senin 26 September 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 298 2674396 4-menu-sarapan-rendah-kolesterol-yang-sehat-dan-mengenyangkan-miED7sOv1U.jpg Menu Sarapan Rendah Kolesterol (Foto: Taste)

MEMILIH menu makanan penting bagi penderita kolesterol agar kondisi kesehatan tetap terjaga. Misalnya saat sarapan, seseorang yang didiagnosa penyakit tersebut akan menyantap hidangan yang jauh lebih sehat.

Hal itu mengingat, kebiasaan terlalu sering mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan cepat saji dan gorengan, bisa membuat kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat. Jika dibiarkan, Anda pun berisiko terkena beragam penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Dikutip dari laman Health Line, berikut ini lima sarapan sehat yang cocok untuk penderita kolesterol.

1. Oatmeal

oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang menempel pada kolesterol LDL di saluran pencernaan, dan membantu mengeluarkannya dari tubuh Anda.

Pilih varian oatmeal tanpa pemanis, di mana Anda dapat menambahkan topping sendiri sebagai pemanisnya. Topping oatmeal yang bisa ditambahkan seperti irisan apel, pir, atau beberapa raspberry, stroberi yang dapat menambah serat.

Tidak punya waktu untuk memasak semangkuk oat? Sereal gandum dingin juga cocok dikonsumsi, dan yyang terpenting hindari produk yang mengandung gula. Menambahkan irisan pisang atau buah beri juga akan meningkatkan kandungan serat sereal yang Anda konsumsi.

2. Roti panggang alpukat

Roti Panggang Alpukat

Roti panggang dan alpukat tumbuk ini mungkin merupakan pilihan sarapan yang cocok bagi penderita, tetapi juga memiliki nilai kesehatan yang tinggi. Sebuah studi pada 2015 dalam Journal of American Heart Association menemukan, bahwa alpukat per hari menurunkan kadar kolesterol LDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Alpukat sehat untuk dikonsumsi, karena di dalamnya tinggi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti makanan sarapan yang tinggi lemak jenuh, seperti sosis atau bacon, yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Alpukat juga merupakan sumber yang kaya sterol, di mana merupakan zat nabati yang membantu menurunkan kolesterol. Buah ini juga tinggi serat larut dan tidak larut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Smoothie protein whey

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa suplemen protein whey dapat membantu menurunkan kolesterol, meskipun hasilnya tidak terlalu konsisten. Satu meta-analisis dari 13 studi menemukan, bahwa suplemen menurunkan trigliserida, jenis lemak lain dalam darah.

Sebuah studi 2017 menemukan, bahwa suplementasi protein whey dapat menurunkan faktor risiko kardiovaskular termasuk kolesterol LDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Buat smoothie untuk sarapan pagi dengan menggabungkan yogurt rendah lemak, es batu, beri, dan satu sendok protein whey vanilla. Ramuan manis ini rendah lemak dan tinggi nutrisi.

4. Orak arik putih telur dengan bayam

Jika Anda memerhatikan kadar kolesterol, tetapi masih mencari pilihan sarapan padat nutrisi, maka pilihlah putih telur bebas kolesterol dan dikemas dengan protein.

Orak-arik beberapa putih telur dan masukkan segenggam bayam untuk seratnya. Masak telur menggunakan minyak zaitun atau canola. Minyak sehat ini dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol Anda, bila digunakan sebagai pengganti lemak hewani, seperti mentega.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini