Share

6 Tips Atasi Bau Badan yang Bikin Tidak Percaya Diri

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Senin 26 September 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 611 2674746 6-tips-atasi-bau-badan-yang-bikin-tidak-percaya-diri-UFm1adRkpo.jpg Tips Atasi Bau badan (Foto: Timesofindia)

BAU badan dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri. Apalagi jika bau badan sudah membuat orang lain tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara mengatasi bau badan? 

Memiliki bau badan tak sedap rupanya bukan bersumber dari keringat, melainkan bakteri yang berinteraksi dengan keringat itu sendiri. Bau badan tak sedap tentunya dapat membuat rasa percaya diri menurun. Oleh karena itu, simak bebera tips untuk mengatasi bau badan.

Apa itu bau badan?

Bau Badan

Melansir dari my.clevelandclinic.org bau badan ini disebabkan oleh campuran bakteri dan keringat pada kulit. Keringat itu sendiri tak memiliki bau. Namun, ketika bakteri di kulit telah bercampur dengan keringat hal tersebutlah yang menyebabkan bau badan.

Jumlah keringat yang diproduksi ini tak mempengaruhi bau dari keringat. Bisa saja orang yang tak berkeringat tetapi memiliki bau badan tak sedap. Sebaliknya, seseorang bisa berkeringat berlebihan tetapi tidak berbau. Ini karena bau badan adalah hasil dari jenis bakteri pada kulit Anda dan bagaimana bakteri itu berinteraksi dengan keringat, bukan keringat itu sendiri.

Bau badan dapat berubah karena hormon, makanan yang Anda makan, infeksi, obat-obatan atau kondisi mendasar seperti diabetes. Antiperspiran atau obat-obatan dengan kekuatan resep dapat membantu.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengtasi bau badan

1. Jaga kebersihan kulitmu dengan mandi setiap hari atau mandi dengan sabun antibakteri. Fokuskan pada area yang paling banyak berkeringat, seperti ketiak dan selangkangan. Menghilangkan beberapa bakteri pada kulit secara teratur dapat mencegah bau badan yang tidak sedap.

2. Jaga agar ketiakmu selalu dicukur, hal ini dilakukan sehingga keringat cepat menguap dan tidak punya banyak waktu untuk berinteraksi dengan bakteri. Karena rambut adalah tempat berkembang biaknya bakteri.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Cuci pakaian secara teratur, dan kenakan pakaian bersih. Gunakan pakaian longgar yang terbuat dari katun. Ini memungkinkan kulit untuk bernapas. Aturan ini juga berlaku untuk pakaian dalam dan bra. Pakaian yang menyerap kelembapan (kain yang dapat menghilangkan kelembapan dari kulit) juga membantu.

4. Gunakan antiperspiran topikal, yang bekerja dengan menarik keringat kembali ke kelenjar keringat. Produksi keringat menurun ketika tubuh menerima sinyal bahwa kelenjar keringat penuh. Ini termasuk over-the-counter, serta resep, antiperspiran.

5. Coba hilangkan makanan yang terlalu berbau dari diet atau perhatikan apakah makanan tertentu yang memicu bau badan semakin buruk. Beberapa makanan tersebut seperti bawang putih, bawang merah, dan alkohol yang dapat membuat bau keringat semakin tidak sedap.

6. Temukan cara untuk mengurangi tingkat stres. Stres dapat menyebabkan kelenjar apokrin aktif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini