Share

Ajarkan Anak Mandiri hingga Melindungi dari Gangguan Setan, Makna Prosesi Tedak Siten yang Digelar Atta Halilintar dan Aurel untuk Baby Ameena

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Minggu 25 September 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 612 2674641 ajarkan-anak-mandiri-hingga-melindungi-dari-gangguan-setan-makna-prosesi-tedak-siten-yang-digelar-atta-halilintar-dan-aurel-untuk-baby-ameena-g1yz1Mr5XV.JPG Tedak Siten Baby Ameena, (Foto: Tangkapan layar Youtube Atta Halilintar)

PASANGAN Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar hari ini menggelar acara Tedak Sinten, untuk sang putri tercinta, Ameena Hanna Nur Atta yang kini telah genap berumur 7 bulan.

Tedak Siten, dalam adat istiadat Jawa merupakan prosesi syukuran untuk buah hati. Tedak Siten merupakan bagian dari adat dan tradisi masyarakat Jawa Tengah.

Nama Tedak Siten dari dua kata yaitu “Tedak” yang memiliki arti menampakkan kaki dan “Sinten” berasal dari kata Siti yang berarti bumi. Upacara ini dilakukan ketika seorang bayi berusia tujuh bulan ketika belajar duduk, dan belajar berjalan di tanah, dengan makna atau tujuan agar sang bayi menjadi mandiri di masa depan.

Dalam pelaksanaannya, upacara ini dihadiri oleh keluarga inti yaitu ayah, ibu, kakek, dan nenek, hingga kerabat keluarga lainnya. Kehadiran para anggota keluarga besar ini diharapkan untuk turut mendoakan agar sang bayi terlindungi dari gangguan setan.

 

(Foto: tangkapan layar Youtube Atta Halilintar)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain ritualnya yang penting, orang tua yang menyelenggarakan Tedak Siten juga harus menyiapkan berbagai hal seperti kurungan ayam, uang, buku, mainan, alat musik dan lain-lain. Selain itu juga ada tangga yang terbuat dari tebu, makanan-makanan (sajen), yang terdiri dari bubur mera purih, jadah 7 warna, bubur boro-boro, dan jajanan pasar.

Upacara Tedak Siten ini biasanya selalu ditunggu-tunggu oleh keluarga berdarah Jawa, karena dari upacara ini mereka dapat memperkirakan minat dan bakat sang bayi. Demikian sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (25/9/2022).

 BACA JUGA:Potret Baby Ameena Halilintar Jalani Prosesi Meniti Jadah di Tedak Siten, Anteng Banget!

BACA JUGA:700+ Nama Bayi Laki-Laki Modern A-Z Lengkap dengan Maknanya, Bisa Jadi Pemimpin

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini