Share

10 Cara Mudah Bakar Kalori Lebih Banyak Saat Tidur, Diklaim Bisa Langsing

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 26 September 2022 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 612 2674851 10-cara-mudah-bakar-kalori-lebih-banyak-saat-tidur-diklaim-bisa-langsing-EiLHdTy7sx.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

10 cara mudah bakar kalori lebih banyak saat tidur menarik untuk diulas. Meningkatkan metabolisme sangatlah penting, terutama jika Anda sedang menurunkan berat badan. Karena, metabolisme akan mempengaruhi tubuh Anda dalam membakar kalori.

Jadi, semakin tinggi tingkat metabolisme Anda, maka semakin banyak kalori yang dibakar oleh tubuh. Jika, ingin meningkatkan metabolisme untuk pembakaran kalori dengan cepat saat tidur.

Berikut 10 cara mudah bakar kalori lebih banyak saat tidur dikutip dari muscleandfitness:

1. Konsumsi Minum Teh

Minum Teh

Mengkonsumsi teh saat mau tidur baik dilakukan. Penelitian telah menghubungkan ekstrak teh putih dengan menghambat sel menjadi lemak dan merangsang pemecahan lemak terjadi dalam pembakaran metabolisme.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Konsumsi Minuman Berprotein

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa konsumsi protein sebelum tidur tidak hanya membantu Anda membangun massa otot tanpa lemak, tetapi juga membantu perbaikan otot dan sel. 

3. Pilih Makanan Tinggi Protein

Cobalah makan makanan yang kaya akan asam amino triptofan, yang meliputi kalkun, ayam, dan telur. Protein ini dapat membantu meningkatkan relaksasi dan tidur. Selain itu, protein menyebabkan tubuh menggunakan lebih banyak kalori selama pencernaan daripada karbohidrat, yang selanjutnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak dalam semalam.

4. Matikan Lampu saat Tidur

Paparan cahaya sebelum tidur memiliki implikasi serius bagi kesehatan Anda. Tidur dalam kegelapan total melepaskan hormon melatonin, yang membantu mengatur tidur, tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar kortisol (hormon stres). Sebuah studi 10 tahun menemukan bahwa wanita yang terpapar cahaya berlebihan pada waktu tidur 22 persen lebih mungkin mengembangkan kanker payudara, sementara studi lain menghubungkan paparan cahaya sebelum tidur dengan tingkat depresi yang lebih tinggi (yang dapat menyebabkan penambahan berat badan).

Melatonin juga membantu dalam produksi "lemak coklat" yang merupakan kunci dalam metabolisme kalori, jadi matikan elektronik Anda satu jam sebelum tidur dan buat kamar Anda seterang mungkin saat Anda tidur.

5. Minum yang Banyak

ni adalah salah satu cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan metabolisme. Minum banyak air putih akan membuat Anda terhidrasi dengan baik dan membantu membakar lemak secara efektif.

6.Usahakan tidur berkualitas

Mendapat tidur yang berkualitas setiap hari sangatlah penting. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ada hubungan antara tidur dengan metabolisme. Ternyata, orang-orang yang tidak mendapatkan tidur berkualitas memiliki tingkat metabolisme lebih lambat. Jadi, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur malam 6-8 jam setiap hari.

7.Konsumsi Makanan Pedas

Serpihan cabai merah, dan jenis cabai lainnya untuk membantu termogenesis (pembakaran lemak). Sebab cabr ditemukan dalam makanan ini telah terbukti memiliki efek termogenik, membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori dan lemak.

8. Jangan Tidur Pakai Selimut

Saat Anda tidur di suhu yang lebih dingin, metabolismemu meningkat dan Anda membakar lebih banyak kalori saat beristirahat. Kondisi yang lebih dingin di malam hari juga meningkatkan jumlah lemak cokelat sehat yang memungkinkan tubuhmu membuang gula darah yang tidak perlu dan membakar lebih banyak kalori.

9. Hindari Tidur saat Lapar

Saat Anda tiba-tiba menurunkan asupan kalori, tubuhmu secara otomatis masuk ke mode kelaparan dan menurunkan metabolismemu untuk menghemat kalori.

10. Pilih Camilan Sehat

 Daripada makan makanan porsi besar sebelum tidur, pilihlah camilan kecil, sehat dan bergizi untuk menghindari makan berlebihan dan mendukung tidur yang lebih baik.

(RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini