Share

Kenali Monday Blues, Kecemasan yang Hanya Dialami pada Hari Senin!

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Senin 26 September 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 612 2674889 kenali-monday-blues-kecemasan-yang-hanya-dialami-pada-hari-senin-389WQ9ZJvO.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

KETIKA akhir pekan usai dan akan memulai kembali hari, secara tidak sadar kita sering mengeluhkan “duh udah senin aja”. Sebagian orang merasa bahwa hari berlalu begitu cepat dan sudah harus memulai kembali hari pada pekan selanjutnya. Hal ini bisa jadi kamu memiliki Monday blues.

Dilansir dari laman Medical News Today, Senin (26/9/2022), Monday blues mengacu pada perasaan negatif yang dimiliki beberapa orang di akhir atau awal minggu. Memulai kembali rutinitas kerja atau sekolah kadang bisa membuat orang merasa down.

 takut kerja

Beberapa orang mungkin merasakan tingkat kepuasan kerja yang lebih rendah dan merasakan stres pada awal minggu bekerja.

Meskipun Monday blues memiliki keterkaitan dengan stres, namun hal ini bukanlah istilah klinis. Monday Blues bukanlah penyakit klinis. Namun, perasaan takut bagi sebagian orang adalah nyata. Hal ini juga sebuah pertanda ketidakbahagiaan yang signifikan dalam kehidupan seseorang.

Monday blues juga berbeda dari depresi karena memiliki waktu tertentu ketika orang merasakannya, Senin. Sebaliknya, depresi mengacu pada perasaan suasana hati rendah yang terus-menerus dan penurunan minat pada aktivitas menyenangkan yang dapat terjadi kapan saja sepanjang hari. Perasaan takut pada hari Senin ini berkurang seiring berjalannya minggu, dan suasana hati seseorang membaik menjelang akhir pekan.  

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dilansir dari sumber yang sama, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani Monday blues. Okezone mencoba merangkumnya untuk Anda.

1. Lakukan rutinitas perawatan diri atau self care selama akhir pekan.

2. Putuskan segala hal yang berkaitan dengan rutinitas pekerjaan selama akhir pekan.

3. Tidur tepat waktu

4. Mulailah dengan tugas-tugas yang penting

5. Hindari menjadwalkan terlalu banyak hal pada hari senin

6. Menuliskan apa saja yang membuatmu kecewa

7. Pertanyakan apa yang membuat anda kekurangan motivasi

8. Bercerita kepada teman

9. Rencanakan suatu hal menyenangkan

10. Perlakukan dirimu atau manjakan dirimu dengan baik

11. Santai di hari senin

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini