Share

Alasan Mengapa Raja Charles III Belum Pakai Mahkota Hingga Saat Ini

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 26 September 2022 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 612 2674952 alasan-mengapa-raja-charles-iii-belum-pakai-mahkota-hingga-saat-ini-cqjbIlHRa8.jpg Raja Charles (Foto: The News)

TERNYATA ini alasan mengapa Raja Charles III belum pakai mahkota hingga saat ini. Padahal setelah wafatnya Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles secara otomatis resmi menjadi raja.

Setelah Ratu Elizabeth II wafat secara otomatis tahtanya jatuh ketangan anak sulungnya yaitu Pangeran Charles. Dengan aksesi setelah kematian ibunya, Charles mewarisi tanggung jawab dan hak istimewa seorang raja yang ditahbiskan, kecuali, dia tidak akan diizinkan untuk mengenakan mahkota di depan umum sampai penobatannya.

Raja Charles

Salah satu alasan mengapa Raja Charles III belum pakai mahkota hingga saat ini karena kerajaan belum mengadakan acara penobatan. Acara penobatan Raja Charles III atau carnation rencananya akan dilaksanakan pada musim panas tahun 2023.

Pada prosesi penobatan, Raja Charles III akan mengenakan mahkota yang sama persis dengan mendian ibundanya. Mahkota St Edward yang terdiri dari 400 batu permata dengan taburan safir, garnet dan ruby milik Ratu ELizabeth II akan dipindahtangankan menjadi milik Raja Charles III.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Selama upacara penobatan, Charles akan dilantik secara resmi ke posisinya sebagai penguasa.

Penobatan adalah upacara kenegaraan dan keagamaan - berlangsung di Westminster Abbey seperti yang telah dilakukan selama hampir 1000 tahun terakhir, tetapi diselenggarakan dan dibayar oleh pemerintah, menurut BBC.

Selama upacara, Uskup Agung Canterbury akan menempatkan Mahkota St. Edward di kepala Charles. Seperti  ibunya sebelum dia, Charles akan mengambil sumpah.

Mahkota St Edward digunakan untuk penobatan. Seperti yang dijelaskan oleh situs web Royal Collection Trust, mahkota itu pertama kali dibuat untuk Raja Charles II pada tahun 1661. Mahkota itu terdiri dari emas murni dan berisi batu rubi, kecubung, safir, garnet, topas, dan turmalin semi mulia.

Demikian alasan mengapa Raja Charles III belum pakai mahkota hingga saat ini.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini