Share

Tim Galau, Ini 5 Langkah Jitu untuk Menepis Stres Karena Rasa Kesepian!

Raden Yusuf Nayamenggala, MNC Portal · Senin 26 September 2022 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 612 2674985 tim-galau-ini-5-langkah-jitu-untuk-menepis-stres-karena-rasa-kesepian-DUIhN67clD.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

KESEPIAN merupakan sebuah perasaan yang umum terjadi pada seseorang. Kesepian bahkan bisa memicu stres pada seseorang. Namun, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk menepis rasa sepi tersebut.

Kesepian yang berkepanjang bahkan bisa menguras emosi, dan membuat hidup kamu tampak suram dan sia-sia. Kesepian bahkan bisa menyebabkan efek negatif pada tubuh, termasuk sakit dan nyeri, masalah tidur dan respons kekebalan tubuh yang melemah.

kesepian

Di saat kamu sulit untuk melepaskan diri dari perasaan kesepian, ada beberapa tips yang bisa membantu kamu seperti yang dikutip dari Healthline, Senin (26/9/2022).

1. Latih Rasa Syukur

Mencoba untuk tetap bersyukur mungkin terbilang sulit. Tapi, kamu bisa mencoa untuk meluangkan beberapa menit, untuk berlatih bersyukur setiap hari, agar bisa membantu kamu merasa lebih baik.

Mempraktikan rasa syukur bisa dengan cara memikirkan suatu yang kecil dan kamu nikmati baru-baru. Seperti berbicar dengan teman atau makan makanan lezat. Atau kamu juga bisa mengingat beberapa momen positif pada harimu, dan berterima kasih kepada seseorang.

2. Isi Rumah dengan Suara 

Musik serta suara lainnya tidak spesifik terbukti bisa mengurangi kesepian, tapi kemungkinan bisa membantu untuk menepis rasa kesepian.

Suara sejatinya bisa membantu mengisi ruang pada lingkungan dan pikiran kamu, yang bisa membuatnya tidak terlalu terasa berlebihan. Karena, musik bisa meningkatkan suasana hati. Selain itu, podcast radio juga bisa menginformasikan, menghibur, dan membantu menciptakan rasa terkoneksi.

3. Panggil Teman

Kendati tak bertemu semua teman atau keluarga setiap hari secara rutin, setidaknya kamu bisa tetap menjaga kedekatan. Karena interaksi virtual, khususnya saat terhubung dengan lebih banyak orang, bisa membantu mengurangi kesepian dan bermanfaat bagi kesehatan mental, bila tidak bisa bertemu orang lain secara langsung.

Selain itu, terkadang chat juga bisa menjadi cara termudah untuk saling terhubung. Tapi, kamu jangan remehkan kekuatan mengobrol dengan orang lain. Karena sebuah studi menyebutkan, bahwa panggilan telepon 10 menit bisa membantu kamu meringankan kesepian.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Pergi ke luar 

Perubahan lingkungan bisa mengalihkan perhatian kamu, serta membantu mengurangi rasa stres karena kesepian. Keluar dari rumah dapat mengingatkan kamu bahwa kamu tidak sendirian di dunia.

Salah satunya menikmati waktu di alam yang indah, bisa membantu meringankan tekanan emosional dan meningkatan kesehatanmu secara keseluruhan. Atau kamu juga bisa pergi ke taman, jalan di sekitar komplek, liburan bersama teman, atau sekadar berolahraga dengan menggunakan sepeda.

 hewan peliharaan

5. Habiskan Waktu dengan Hewan

Hewan mungkin tak bisa berbicara, tapi mereka memberikan persahabatan yang sama. Kehadiran hewan bisa menghibur kamu, dan kejenakaan mereka bisa membantu mengangkat semangat kamu dan menghilangkan stres.

Sebuah penelitian juga menunjukan, bahwa kepemilikan hewa peliharaan, bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Contohnya, ketika memiliki anjing, akan ada alasan untuk pergi ke luar secara teratur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini