Share

Gatal di Telapak Tangan Bakal Dapat Duit? Coba Dicek Jangan-Jangan Malah Eksim

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 26 September 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 612 2675104 gatal-di-telapak-tangan-bakal-dapat-duit-coba-dicek-jangan-jangan-malah-eksim-h00DxEV19C.jpg Ilustrasi Telapak Tangan Gatal. (Foto: Shutterstock)

MITOS menyebut ketika telapak tangan kita gatal, itu tandanya kita akan menerima rezeki. Tapi, secara medis gatal di telapak tangan bisa terjadi karena sejumlah penyebab, meskipun sebagian besar tidak berbahaya.

Pakar dermatologi di Chicago, Jeffrey Hsu, MD menyebut gatal-gatal di telapak tangan tanpa henti bisa menjadi tanda masalah kesehatan. Menurut Hsu, seperti disiarkan Livestrong, salah satu penyebab gatal yakni kulit kering. Mencuci tangan lebih sering dapat mengeringkan kulit di tangan dan membuatnya gatal.

Penyebab gatal lainnya yakni kondisi kulit yang meradang seperti eksim. Seseorang bisa sangat salah mengira masalah ini sebagai kulit kering, tetapi ada perbedaannya.

"Eksim di tangan bisa muncul dengan sendirinya tidak hanya sebagai rasa gatal, tapi juga kemerahan, pengerasan kulit dan peradangan. Pasien mungkin merasakan sensasi terbakar," tutur Hsu seperti dilansir dari Antara.

Telapak Tangan

Lebih lanjut, telapak tangan gatal bisa jadi merupakan reaksi alergi usai kulit bersentuhan dengan zat yang mengiritasi. Zat ini misalnya berasal dari sabun, deterjen, losion, atau perhiasan baru. Akibatnya, kulit jadi memerah, gatal, terasa seperti terbakar dan bengkak.

Selain itu, telapak tangan gatal dengan bercak tebal, merah dapat menjadi tanda psoriasis. Kondisi, yang kadang-kadang disalahartikan sebagai eksim ini adalah gangguan autoimun.

Bercak dan gatal dapat terasa selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, hilang dan kembali lagi, sering kali sebagai respons terhadap pemicu lingkungan, menurut Mayo Clinic.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kulit gatal di telapak tangan atau di tempat lain terkadang bisa disebabkan oleh penggunaan obat baru. Penyebab umum termasuk obat jantung seperti heparin, calcium channel blocker, ACE inhibitor dan beta blocker, serta antibiotik seperti penisilin, menurut studi Medicines September 2019.

Tanda-tanda awal carpal tunnel syndrome atau saraf di telapak tangan terjepit terkadang dapat mencakup sensasi gatal atau kesemutan di tangan, pergelangan tangan, atau lengan bawah, menurut Cleveland Clinic. Seiring perkembangan kondisi, pasien mungkin mulai merasakan mati rasa atau nyeri juga.

Kadang-kadang telapak tangan yang terus-menerus gatal bisa menjadi tanda kondisi kesehatan serius yang mendasarinya termasuk diabetes yang tidak tertangani, penyakit ginjal, atau penyakit Crohn.

Lalu, kapan seseorang harus berkonsultasi ke dokter? Jika gejala menjadi parah atau bertahan lebih dari beberapa hari, maka sebaiknya segera temui dokter kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini