Share

5 Benda Paling Mahal Dunia, Ada yang Harga Ratusan Miliar Per Gram

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 26 September 2022 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 612 2675193 5-benda-paling-mahal-dunia-ada-yang-harga-ratusan-miliar-per-gram-8vOCFk6JE8.jpg Ilustrasi (Foto: InewsTV)

5 benda paling mahal dunia menarik untuk diulas. Selama ini banyak orang meyakini bahwa emas adalah material paling mahal di dunia karena banyak diburu orang. Namun, pendapat itu sekarang tak lagi sepenuhnya benar.

Setidaknya ada sejumlah elemen di muka bumi ini yang harganya masuk kategori termahal selain emas.

Berikut 5 benda paling mahal dunia yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tritium

Tritium

Benda ini pernah terlepas dalam jumlah besar ke alam bebas dan mengancam kesehatan warga Jepang tak jauh dari reaktor nuklir ketika Tsunami di 2011.

Ketika seseorang menghirup atau menelan Tritium, mereka akan langsung terkena radiasi dan meracuni tubuh cukup parah. Namun, pada dasarnya mineral Tritium hanya dihasilkan oleh radiasi matahari yang membuatnya sulit ditemukan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tapi, Tritium juga bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai lampu abadi yang tak akan mati. Saat inipun para peneliti telah berhasil menciptakan Tritium lewat reaksi nuklir dan digunakan sebagai sumber utama PLTN. Tritium buatan manusia ini berharga sekira USD30.000 atau sekira Rp350 juta per gram.

2. Batu Taaffeite

Batu yang masih tergolong batuan mulia ini memiliki konstruksi warna indah berwarna ungu dan merah. Batu ini pertama kali ditemukan pada 1945 oleh Edward Taaffe di Sri Langka.

Batu ini memiliki keunikan bisa membiaskan cahaya dari dua arah. Taafeite dinobatkan sebagai satu-satunya batu mulia di dunia yang ditemukan dalam bentuk segi tertentu seperti terpotong oleh alam.

Keunikan lain dari Batu Taaffeite ini adalah bahan penyusun yang terdiri dari magnesium, berlium dan aluminium. Batu mulia ini sering menghiasi perhiasan-perhiasan mahal di dunia. Harga per gram batu Taaffeite mencapai USD20.000 atau sekira Rp234 juta.

3. Plutonium USD4.000 per gram (Rp53 juta per gram)

Logam radioaktif yang memiliki masa sangat berat namun rapuh ini memiiki warna putih keperakan. Penggunaannya sangat banyak, salah satunya untuk bahan produksi pembuatan nuklir dan sebagai bahan bakar serta sumber energi pesawat ruang angkasa.

4. Cula Badak USD110 per gram (Rp1,5 juta per gram)

Cula badak memiliki harga sangat mahal. Fungsinya sebagai obat dan pegangan pisau yang kuat, membuat cula badak dijadikan bahan pemburuan liar dan hingga kini terancam punah.

5.Californium USD25 juta-USD27 juta per gram (Rp330 miliar per gram)

Ini adalah unsur kimia paling mahal yang pernah ada. Telah disintesis hanya sekali sejak penemuannya pada 1950.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini