Share

Hobi Berkebun Meningkat Selama Pandemi, Ternyata Ini Manfaatnya

Novie Fauziah, Okezone · Senin 26 September 2022 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 612 2675367 hobi-berkebun-meningkat-selama-pandemi-ternyata-ini-manfaatnya-a5nC3XYytN.jpg Ilustrasi Tanaman Hias. (Foto: Shutterstock)

MEMILIKI tanaman di rumah memang bisa menjadikan rumah lebih nyaman. Selain mempercantik ruangan, warna hijau di rumah juga ternyata bisa membuat kita lebih nyaman.

Co-Founder Kebun Kumara, Siti Soraya Cassandra mengatakan, sejak dulu peran alam dan manusia sangatlah berkaitan. Maka jika keduanya hidup berdampingan, makan akan memberikan dampak yang sangat positif.

Oleh karena itu, tata letak ruangan yang baik dan adanya tanaman di area rumah, bisa memberikan afirmasi dan energi yang positif bagi penghuninya. Apalagi warna hijau alami bisa membuat siapa saja yang melihatnya akan merasa tenang.

Tanaman Hias

"Itu mengapa orang yang healing saat ini nyarinya ke alam. Jadi kehadiran warna itu yang benar-benar alami yang ada di dalam rumah kita, akan memberikan afirmasi yang sangat dahsyat meskipun kita tidak bisa mengukurnya," katanya di IKEA, Alam Sutera, Kota Tangerang, Senin (26/09/2022).

Cassandra melanjutkan, dengan adanya suasana hijau di area rumah baik berkebun maupun hanya menaruh beberapa pot tanaman, maka akan memberikan efek yang sangat positif. Di mana manusia tak hanya sekadar menyiram tanaman miliknya saja, tapi juga ikut tumbuh bersama. "Maka saat pandemi hobi berkebun meningkat dahsyat, harga tanaman pun jadi meningkat. hal itu karena orang mencari sesuatu yang bisa menenangkan dia," ujarnya.

Ia melanjutkan, saat ini masih terdapat beberapa hambatan dalam menerapkan gaya hidup sehat dan berkelanjutan. Di antaranya adalah kurangnya supporting system dari lingkungan sekitar, pengetahuan mengenai hidup berkelanjutan. "Tidak tahu harus mulai dari mana, dianggap terlalu mahal, dan membosankan," katanya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Gaya hidup ini dapat dimulai melalui langkah kecil dari rumah, seperti gardening dan memilah sampah yang dapat membiasakan keluarga bersilaturahmi dan mengapresiasi alam dalam keseharian," tambah dia.

Sementara itu, Country Home Furnishing & Development Leader IKEA Indonesia, Kiki Ramantoko mengatakan, Salah satu inspirasi dan solusi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik di rumah adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan berkelanjutan.

Menurutnya, masyarakat dapat mengetahui lebih lanjut mengenai kiat menciptakan rumah berkelanjutan, sehat, dan aman dengan enam tema berbeda, yaitu waktu, ruang, makanan, istirahat, bermain, dan kebersamaan.

"Maka, kami mengajak masyarakat untuk menerapkan hidup sehat dan berkelanjutan di rumah melalui hal-hal yang sederhana dengan ‘Rumahku, Ceritaku’," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini