Share

Mengandung Kolesterol, Hindari Santap 4 Bagian Tubuh Kambing Ini

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 27 September 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 298 2675694 mengandung-kolesterol-hindari-santap-4-bagian-tubuh-kambing-ini-WbmwqjpJmk.jpg Daging kambing (Foto: Shutterstock)

HIDANGAN dari kambing selalu menggugah selera bagi sebagian orang. Namun, jika Anda penderita kolesterol, ada beberapa bagian tubuh kambing yang harus dihindari.  

Ya, memang tidak semua bagian tubuh kambing itu mengandung kolesterol. Misalnya saja di kakinya. Area tersebut lebih banyak menyimpan otot, ketimbang lemak yang tinggi kolesterol. Hal ini berkaitan dengan kaki sebagai organ tubuh yang banyak bergerak, sehingga kecil kemungkinan ditemukan kolesterol di area tersebut.

Lantas, di mana saja 4 bagian tubuh kambing yang mengandung kolesterol tersebut? Menurut studi yang diterbitkan di Journal of Food Science, jeroan kambing adalah tempat paling tinggi menyimpan kolesterol dan lemak. Tapi, tidak semua jeroan mengandung kolesterol tinggi.

"Hati adalah bagian tubuh kambing yang mengandung kolesterol, pun juga ginjal dan jantung," terang studi tersebut, dikutip MNC Portal dari laman Researchgate, Selasa (27/9/2022). So, berikut ini 4 bagian tubuh kambing yang mengandung kolesterol:

Daging Kambing

1. Jantung kambing

Jantung kambing per 191 gram itu mengandung kolesterol sebanyak 267 mg. Jumlah tersebut lebih banyak ketimbang jantung babi yang mana per 266 gram hanya mengandung 210 mg kolesterol.

BACA JUGA : 4 Rekomendasi Susu yang Aman Diminum Penderita Kolesterol Tinggi

BACA JUGA : 4 Menu Sarapan Rendah Kolesterol yang Sehat dan Mengenyangkan

2. Otak kambing

Dan organ tubuh kambing yang tinggi kolesterol adalah otak. Di otak kambing, terkandung 1.737 mg kolesterol per porsinya. Sedangkan kebutuhan kolesterol orang dewasa per hari itu hanya 300 mg. Itu kenapa alasan otak kambing tidak direkomendasikan untuk dimakan bagi mereka yang punya masalah kardiovaskular.

Demikian 4 bagian tubuh kambing yang mengandung kolesterol. Jeroan harus menjadi musuh Anda yang memang sedang membatasi asupan kolesterol harian.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Hati kambing

Jeroan yang satu ini mengandung kolesterol. Menurut laporan Heart UK, dalam 10 gram hati kambing, terkandung 430 mg kolesterol. Kadar tersebut paling tinggi dibandingkan hati ayam yang hanya mengandung 380 mg per 100 gram.

4. Ginjal kambing

Berbeda dengan ginjal. Organ tubuh kambing ini angka kolesterolnya lebih sedikit dibandingkan babi. Per 100 gram ginjal kambing, ada 315 mg kolesterol, sedangkan 100 gram ginjal babi mengandung 410 mg kolesterol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini