Share

Tren Skincare Microbiome Friendly, Amankah Dipakai Anak-Anak?

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 27 September 2022 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 611 2675992 tren-skincare-microbiome-friendly-amankah-dipakai-anak-anak-NmBu6h6q9f.jpg Skincare microbiome friendly (Foto: Bebeautiful)

SAAT ini sudah banyak beredar produk skincare yang mengklaim memiliki sifat microbiome friendly. Skincare jenis ini biasanya menggunakan ingredient alami dengan tanpa parfume dalam proses pembuatannya.

Terkesan sangat aman dipakai dalam jangka panjang bukan? Semua jenis kulit pun sepertinya cocok dengan skincare tipe ini. Lants, apakah skincare microbiome friendly otomatis aman juga jika dipakai anak-anak?

Co-Founder and CEO Nusantics Sharlini Eriza Putri menjelaskan bahwa tidak serta merta skincare yang alami dan memiliki concern terhadap mikrobiome pada kulit itu aman dipakai untuk anak-anak.

Sharlini Eriza

"Pada produk kami misalnya, kami tidak bisa mengklaim aman dipakai oleh anak-anak. Sebab, uji in vivo yang kami lakukan dalam men-develope skincare tidak melibatkan usia anak-anak atau di bawah 12 tahun," kata Sharlini pada awak media di acara peluncuran Biome Beauty by Nusantics di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022).

"Artinya, kami tidak bisa kemudian memberikan pernyataan bahwa skincare dengan sifat microbiome friendly kami itu bisa dipakai untuk anak-anak. Proses pembuatan produk itu selalu ada riset di belakangnya, jadi mengeluarkan klaim pun tidak bisa sembarang," jelasnya.

Alasan tidak bisa untuk anak-anak berdasarkan uji in vivo yang dilakukan tidak melibatkan usia anak-anak. Namun, apakah produk skincare microbiome friendly ini aman untuk semua jenis kulit, bahkan sensitif sekalipun?

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sharlini menegaskan bahwa itu benar. Sebab, skincare jenis ini hanya menggunakan ingredient alami yang aman untuk microbiome alami yang hidup di kulit. Selain itu, tidak adanya kandungan parfume dalam produk membuatnya aman dipakai untuk pemilik kulit sensitif.

Skincare

Sementara itu, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Sulistyaningrum, SpKK, menjelaskan bahwa dengan memperhatikan microbiome alami yang ada di kulit, itu memastikan kulit akan lebih sehat tanpa merusak habitat microbiome yaitu kulit manusia.

"Pada dasarnya, produk skincare microbiome friendly itu diciptakan untuk menyeimbangkan microbiome alami yang ada di kulit. Selain itu, produk tipe ini juga bisa membuat lingkungan tempat tinggal microbiome menjadi lebih sehat, yang pada akhirnya menjauhkan Anda dari permasalahan kulit," ungkap dr Sulistyaningrum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini