Share

Waduh! Layering Skincare Bisa Picu Masalah Serius Pada Kulit Wajah?

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 27 September 2022 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 611 2676031 waduh-layering-skincare-bisa-picu-masalah-serius-pada-kulit-wajah-AFo9DTSzBa.JPG merawat kulit wajah dengan produk skincare, (Foto: Freepik)

TEKNIK layering saat melakukan perawatan  kulit wajah dengan skincare, memang marak sejak beberapa tahun ke belakang di Indonesia.

Banyak yang menganggap, semakin banyak semakin berlapisnya produk skincare yang dipakai. Maka akan makin optimal juga manfaat yang diterima oleh kulit. Namun, ada juga yang menilai jika terlalu banyak lapisan produk skincare yang dipakai ke kulit, maka bisa memberikan dampak buruk bagi kulit wajah itu sendiri. Benarkah demikian?

Disampaikan Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Sulistyaningrum, Sp.KK, hal ini sebetulnya sangat tergantung pada kebutuhan masing-masing orang alias tidak bisa dipukul sama rata.

Artinya, bisa saja satu orang tertentu memang ibutuh layering skincare karena kebutuhannya lebih dibandingkan satu orang yang lainnya.

(Foto: MPI/ Faisal Rahman) 

"Jadi, layering skincare itu kembali ke kebutuhan. Ada orang yang kebutuhannya sangat banyak, tapi ada yang basic skincare saja sudah cukup," ungkap dr Sulistyaningrum, Sp.Kk kala ditemui dalam acara peluncuran Biome Beauty by Nusantics di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Hal yang menjadi berbahaya bagi kesehatan kulit wajah ialah, ketika menambahkan bahan atau skincare yang sebetulnya tidak dibutuhkan oleh kulit. Padahal sebetulnya dengan basic skincare saja sudah cukup.

"Jangan karena tren semata, mengabaikan kesehatan kulit Anda sendiri dengan karakternya yang khas. Lagipula, layering skincare itu sebetulnya bisa 'disatukan' dan sudah banyak produk skincare yang dalam satu botol sudah lengkap semuanya, jadi enggak perlu layering lagi," saran dr. Sulistyaningrum.

Skincare paling mendasar yang wajib dipakai dan diaplikasikan setiap hari itu meliputi cleansing, hydrating, moisturizing, dan sunscreen.

Namun, jika dirasa perlu menambahkan di luar rangkaian perawatan basic. Ingat, kembalikan ke keperluan kulit Anda sesuai dengan masalah yang ingin diatasi atau dicegah.

 BACA JUGA:5 Tips Merawat Kulit untuk Hadapi Cuaca Panas

BACA JUGA:4 Tips Merawat Kulit Wajah bagi Para Pria, Jangan Asal Ya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini