Share

Terlihat Normal, Apa yang Menyebabkan Kulit Sensitif?

Novie Fauziah, Okezone · Selasa 27 September 2022 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 611 2676194 terlihat-normal-apa-yang-menyebabkan-kulit-sensitif-61vfZE2jFz.jpg Kulit sensitif (Foto: Timesofindia)

DERMATOLOGIST, dr. Andina Bulan Sari, SpKK mengatakan, kulit sensitif ada kaitannya dengan masalah serta kerusakan pada skin barrier. Lapisan ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, agar tidak mudah rusak hingga timbul permasalahan lainnya.

Menurutnya, kulit sensitif hingga saat ini bukanlah diagnosis suatu penyakit. Akan tetapi masuk ke dalam syndrom atau kondisi kulit yang ditandai dengan sensasi tidak nyaman.

Kulit Sensitif

"Biasanya kondisi tidak nyaman ini dideskripsikan pasien, seperti sedang tersengat, terbakar, nyeri, gatal sebagai respon yang sebenarnya stimulusnya normal," terangnya dalam beauty gathering LABORÉ Barrier Repair Serum di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta, Selasa (27/09/2022).

Dokter Andina juga menjelaskan, orang yang memiliki kulit sensitif akan nampak terlihat normal. Namun masalahnya adalah dirasakan oleh orang itu sendiri.

"Kulit sensitif ini bisa terlihat normal. Jika ia mengeluh ke dokter kadang kala tampilannya sehat, tapi dia mengeluhkan sesuatu seperti gatal," katanya.

BACA JUGA : Kulitmu Sensitif, Coba Rawat dengan 7 Tips Ini Yuk!

Selain itu jika terlihat, tanda-tanda kulit sensitif adalah nampak kemerahan. Walaupun sebenarnya hal ini bisa terjadi di area kulit atau tubuh lainnya, namun bagian wajah yang paling sering terjadi.

BACA JUGA : Punya Kulit Sensitif, Ini Cara Rossa Pilih Produk Skincare Terbaik

Mengapa kulit di area wajah lebih sering sensitif? Alasannya karena area wajah lebih sering terkena bahan-bahan kimia. Sehingga membuatnya akan rentan, dibandingkan area kulit lainnya.

"Sebenarnya secara patofisiologi orang dengan kulit sensitif itu ada gangguan. Pertama gangguan pada skin barrier," ujarnya.

Adapun tanda-tanda kulit sensitif itu iritasi yaitu umumnya disertai kemerahan, kering ada sensasi-sensasi tidak nyaman tadi seperti terbakar, gatal atau lain-lain. Selain itu bisa juga tampak pecah-pecah tidak normal seperti kulit normal pada umumnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini