Share

10 Manfaat Melakukan Hubungan Intim Setiap Hari, Makin Sehat dan Bebas Stress

Rina Anggraeni, Okezone · Selasa 27 September 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 612 2675960 10-manfaat-melakukan-hubungan-intim-setiap-hari-makin-sehat-dan-bebas-stress-EpVXqgzQX7.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

10 manfaat melakukan hubungan intim setiap hari menarik untuk diulas. Melakukan hubungan seksual memang menjadi salah satu kebutuhan biologis bagi semua orang. Selain untuk reproduksi, berhubungan seks juga bermanfaat bagi kesehatan loh.

Berhubungan seks secara rutin, juga bisa berguna untuk menjaga kesehatan Anda dan pasangan.Menurut penelitian ilmiah, berhubungan seks dengan pasangan lebih sering dapat mendatangkan keajaiban dan kesehatan masing-masing pasangan.

Berikut 10 manfaat melakukan hubungan intim setiap hari dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menangkal pilek

Pilek

Orang yang sering berhubungan seks dapat terhindar dari penyakit. Sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat, sebab antibodi yang berfungsi menangkal virus, racun dan bakteri bekerja lebih baik.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Meminimalisir tekanan

Tidak mengherankan mengapa orang yang berhubungan seks lebih sering tampak lebih bahagia. Mereka tidak mudah terkena depresi karena lebih terbuka dengan pasangan.

3. Menurunkan tekanan darah

Studi menunjukkan bahwa hubungan seksual memiliki kekuatan untuk menurunkan tekanan darah. Percaya atau tidak, penelitian juga mengungkapkan bahwa kegiatan seksual lainnya, seperti masturbasi dan melihat pornografi, tidak memiliki dampak positif yang sama pada kesehatan jantung

4. Membakar Kalori

Salah satu manfaat hubungan suami istri, yakni dapat membakar kalori. Memang, pembakaran kalori pada saat melakukan hubungan seksual tidak sebanyak saat Anda melakukan treadmill. Hubungan seks hanya mampu membakar 5 kalori di setiap menitnya. Meskipun jumlah kalori yang dibakar saat hubungan seksual tidak sebanyak saat Anda berolahraga, tetap saja jumlah ini jauh lebih banyak dibanding saat Anda menonton televisi atau membaca buku.

5. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Manfaat hubungan suami istri juga dapat berguna untuk menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini dibuktikan oleh sebuah jurnal yang dipublikasikan pada Journal of the American Medical Association.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa seorang pria yang sering ejakulasi (setidaknya 21 kali sebulan) akibat melakukan hubungan seksual memiliki kemungkinan lebih rendah untuk terkena kanker prostat di kemudian hari. Penyebab kanker memang multifaktor dan tidak ada yang dapat mengetahui secara pasti. Namun dengan melakukan hubungan seksual, setidaknya Anda sudah terhindar dari salah satu faktor risikonya.

6.Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Orgasme akibat melakukan hubungan seksual dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon prolaktin. Hormon ini membuat seseorang lebih rileks dan tenang. Manfaat seks yang didapat akibat hormon ini adalah peningkatan kualitas tidur sehingga tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, hubungan seksual dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung di kemudian hari. Oleh karena itu, manfaat hubungan suami istri berperan terhadap penurunan risiko penyakit tersebut.

Selain itu, hubungan seksual juga dapat menjaga hormon estrogen dan testosteron tetap stabil. Dua hormon ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan jantung. Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang pria yang melakukan hubungan seksual setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung setengah lebih rendah dibanding mereka yang jarang melakukannya.

8. Menghilang stres

Pernah bercinta setelah melalui hari stres di tempat kerja? Jika pernah, Anda akan menyadari bahwa bercinta adalah penghilang stres hebat. Anda melupakan stres dan kemarahan pada hari itu ketika sedang bercinta dan bersantai. Bercinta juga membuat Anda melupakan hal-hal yang mengganggu Anda. Sekali lagi Anda perlu fokus ketika bercinta dengan tidak membiarkan pikiran Anda mengembara kemana-mana.

9. Memperkuat Tulang

Seks teratur dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita pasca menopause. Kondisi ini memberikan perlindungan terhadap kondisi penipisan tulang yang dipicu oleh kurangnya estrogen (osteoporosis).

Selain wanita, pria juga dapat memperoleh manfaat seks. Pada pria, kadar testosteron ditemukan meningkat selama dan setelah berhubungan seks. Kondisi ini dapat memberikan perlindungan terhadap osteoporosis pada pria.

Nah, kini Anda mengetahui berbagai manfaat hubungan suami istri untuk kesehatan. Selain kehidupan pernikahan yang lebih bahagia, seks juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.

10. Membuat Anda berdua ingin tetap sehat

Seks setiap hari membuat Anda ingin menjadi cocok satu sama lain, terlihat cantik dan lebih baik di tempat tidur. Anda pun ingin berolahraga lebih sering.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini