Share

5 Manfaat Diet Vegan Untuk Mencegah Penyakit Kronis, Bisa Panjang Umur

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 27 September 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 612 2675979 5-manfaat-diet-vegan-untuk-mencegah-penyakit-kronis-bisa-panjang-umur-fUy3HlZRi5.jpg Diet Vegan (Foto: Timesofindia)

MENGULAS 5 manfaat diet vegan untuk mencegah penyakit kronis. Orang yang ingin menurunkan berat badan kerap kali memilih melakukan diet tanpa mengonsumsi produk turunan hewan.

Tak hanya itu, diet vegan juga diketahui dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Lantas, apa saja manfaat diet vegan untuk mencegah penyakit kronis? Untuk mengetahuinya, simak ulasan okezone berikut ini.

Melansir dari Healthline, terdapat 5 manfaat diet vegan untuk mencegah penyakit kronis:

1. Menurunkan Gula Darah

Gula Darah

Menerapkan pola makan vegan cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan sensitivitas insulin yang lebih tinggi. Dengan begitu risiko terkena diabetes tipe 2 jauh lebih rendah.

Sebuah penelitian pada 2006 melaporkan bahwa pola makan vegan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes lebih dari diet yang direkomendasikan dari American Diabetes Association (ADA).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Hal itu selaras dengan penelitian pada 2009 yang 43 persen pesertanya menjalankan diet vegan. Hasilnya mampu mengurangi dosis obat penurun gula darah, dibandingkan dengan 26 persen peserta yang mengikuti diet yang direkomendasikan ADA.

2. Mencegah Risiko Kanker

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya sepertiga dari semua penyakit kanker dapat dicegah oleh faktor-faktor yang dapat dikendalikan, termasuk diet.

Vegan umumnya makan lebih banyak kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran daripada non-vegan. Ini mungkin menjelaskan alasan sebuah penelitian pada 2017 menemukan bahwa vegan memiliki manfaat risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker.

Menurut National Cancer Institute, konsumsi makanan nabati dalam jumlah yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut, paru-paru, mulut, dan tenggorokan. Termasuk pula mengurangi risiko kanker usus besar, prostat, dan pankreas.

3.Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Makan buah dan sayuran segar, kacang-kacangan, dan serat juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Pola makan vegan yang terencana dengan baik umumnya mencakup semua makanan ini dalam jumlah yang lebih tinggi daripada pola makan standar Barat.

Studi observasional yang membandingkan vegan dengan vegetarian dan nonvegetarian melaporkan bahwa diet vegan berisiko 75 persen lebih rendah terkena tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian terkontrol secara acak melaporkan bahwa diet vegan jauh lebih efektif dalam mengurangi gula darah, kolesterol LDL (jahat), dan kadar kolesterol total daripada diet yang mereka bandingkan.

4. Mengurangi Rasa Sakit dari Radang Sendi

Beberapa penelitian melaporkan bahwa pola makan vegan memiliki efek positif pada orang dengan berbagai jenis radang sendi.

diketahui, pola makan vegan dapat membantu memperbaiki gejala rheumatoid arthritis, termasuk nyeri, pembengkakan sendi, dan kekakuan pagi hari. Namun untuk lebih dalam harus penelitian lebih lanjut.

5. Menurunkan Risiko Obesitas

Makan vegan dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Semakin banyak orang yang beralih ke pola makan vegan dengan harapan dapat menurunkan berat badan berlebih.

Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa vegan cenderung lebih kurus dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah daripada non-vegan.

Selain itu, beberapa penelitian terkontrol melaporkan bahwa diet vegan lebih efektif dalam menurunkan berat badan daripada diet yang lain.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini