Share

Sambut World Heart Day, Yuk Konsumsi 5 Makanan Sehat untuk Jantung!

Kevi Laras, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 298 2676567 sambut-world-heart-day-yuk-konsumsi-5-makanan-sehat-untuk-jantung-mG3c07eOg6.JPG Dark chocolate, (Foto: Freepik)

SETIAP tanggal 29 September setiap tahunnya diperingati Hari Jantung Sedunia, atau World Heart Day (WHD). Peringatan yang bisa digunakan sebagai momentum pengingat, betapa pentingnya memelihara kesehatan jantung secara menyeluruh.

Bicara soal kesehatan jantung, asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari memang punya peranan penting berkontribusi pada kesehatan jantung. Makan sehat dan seimbang, menjadi salah atau upaya untuk mencegah penyakit jantung.

"Anda pasti dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular dengan mengonsumsi makanan tertentu setiap hari. Ada berbagai macam buah dan sayuran yang baik untuk jantung,” kata ahli diet kardiologi preventif Julia Zumpano, RD, LD, dikutip dari Cleveland Clinic.

Lantas apa saja sih makanan tertentu yang sehat bagi jantung? Berikut ulasan lima makanan sehat untuk jantung, sebagaimana dirangkum dari Medline dan Cleveland Clinic, Rabu (28/9/2022).

1. Biji-bijian: Biji rami mengandung asam lemak omega-3, serat dan fitoestogen untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, ada biji chia juga menyediakan omega 3, serat dan protein dan bisa dimakan utuh.

2. Kedelai: Salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia, dengan menambahkan kacang edamame atau tahu. Lalu diasinkan dalam tumisan sayuran segar, jadi satu makanan pas dikonsumsi waktu siang atau malam yang menyehatkan jantung.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Sayuran: Sayur berwarna merah, kuning dan oranye seperti wortel, ubi jalar, paprika merah, tomat, dan acorn squash dikemas dengan karotenoid, serat, dan vitamin menyehatkan jantung Anda.

4. Dark chocolate: Coklat baik untuk kesehatan jantung, karena semakin tinggi persentase kakao semakin baik (serat dan protein meningkat dengan kakao yang lebih tinggi dan gula menurun). Jika Anda adalah penggemar cokelat cari yang 70 persen kakaonya ya!

5. Buah-buahan: Jeruk, melon dan pepaya kaya akan beta-karoten, kalium, magnesium dan serat, baik untuk kesehatan jantung.

 BACA JUGA:Mengenal Bahaya Etilen Oksida pada Makanan, Bisa Picu Kanker Payudara

BACA JUGA:5 Kombinasi Makanan untuk Bantu Penyerapan Nutrisi Lebih Baik, Rekomendasi Langsung Ahli Gizi!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini