Share

Sedang Jadi Tren, Ini Manfaat Skincare dengan Kandungan Berlian

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 611 2676885 sedang-jadi-tren-ini-manfaat-skincare-dengan-kandungan-berlian-QfInF0V3b0.jpeg Ilustrasi skincare dengan kandungan berlian (Foto: Timesofindia)

AKHIR-akhir ini, produk kecantikan perawatan kulit atau skincare dengan kandungan guliran berlian sedang menjadi tren. Baik itu dalam bentuk krim, lotion, pembersih, masker, gel atau serum.

Berlian kini menjelma menjadi salah satu kandungan dalam produk skincare karena manfaatnya yang berlipat ganda untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Bentuk berlian sebenarnya berupa kristal padat dari unsur karbon yang dianggap sebagai bahan terkeras dan banyak digunakan dalam aplikasi industri utama seperti alat pemotong kaca dan pemoles.

Meskipun berlian telah menjadi bagian tak terpisahkan dari industri permata dan perhiasan sejak berabad-abad, sifat kimia, optik, dan biologis eksklusif dari permata telah membuatnya benar-benar bermanfaat dalam prosedur dan perawatan medis tertentu.

Dokter Danar Wicaksono

Dermatologist, dokter Danar Wicaksono mengungkapkan, munculnya bahan anti-penuaan ajaib ini dalam industri kosmetik sebagian besar disebabkan oleh partikel nanokristalin koloid seperti bubuk berlian dan debu yang memiliki tingkat penyerapan yang sangat tinggi.

Menurutnya, partikel berlian dalam skincare bisa meresap ke dalam kulit dengan bahan anti-penuaan yang aktif secara kimia, sehingga dapat menembus jauh ke dalam kulit. Sehigga, membuat berlian secara efektif mengurangi berbagai tanda penuaan, memperbaiki tekstur kulit dan memberikan cahaya bercahaya pada kulit.

“Bicara tentang gold atau berlian itu kita bicara ada properti atau kemampuan dari logam mulia ini untuk merangsang serabut kolagen. Mungkin teman-teman tahu, disini kulit kita itu ada tiga lapis. Lapisan tengah itu terdiri dari lapisan serabut dan elastis,” ujar dokter Danar, saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu, (28/9/2022).

“Jadi memang berkaca dari kulit yang sebelumnya penambahan logam mulia pada skincare itu memang yang dimasukkan ke dalam kulit itu secara keseluruhan agak infasif, bisa merangsang sintesis dari serabut kolagen, seharusnya kalau dia memiliki sifat yang sama, diamond atau logam mulia itu bisa merangsang,” imbuhnya.

Dokter Danar pun memaparkan beberapa manfaat kandungan berlian dalam produk skincare atau kecantikan kulit :

1. Meratakan warna kulit

Berlian terkenal karena kemampuannya menciptakan difusi optik, sehingga partikel berlian saat diaplikasikan pada kulit dalam bentuk serum atau gel akan meratakan warna kulit dan memperbaiki warna kulit.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Mengangkat sel kulit mati

Partikel berlian juga memiliki sifat eksfoliasi yang baik dan sangat efektif dalam membuka pori-pori kulit untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran dari dalam.

Anda bisa menggunakan scrub yamg mengandung partikel berlian selama satu minggu sekali untuk mengangkat kulit mati di permukaan kulit dan membersihkan masalah kulit yang membandel seperti jerawat hingga bekas luka.

3. Mencegah penuaan kulit

Seiring waktu, kulit kita mulai kehilangan elastisitasnya karena efek negatif dari sinar UVA dan UVB dari matahari yang berdampak buruk pada berbagai tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, bintik-bintik dan lingkaran hitam.

Anda bisa melakukan facial berlian atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung buliran berlian halus untuk meningkatkan pembentukan kolagen dan membantu mencegah kulit kendur, sehingga memberikan tampilan yang lebih muda.

4. Melembapkan Kulit

Produk perawatan kulit yang kaya akan partikel berlian sangat bermanfaat untuk yang memiliki kulit kering. Berlian dapat dengan mudah terikat dengan molekul air, yaitu memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelembaban.

Nanopartikel berlian memiliki berat dan jenis lebih tinggi yang memungkinkan mereka untuk menembus jauh ke dalam pori-pori kulit sambil mengunci kelembaban alami memberikan rasa terhidrasi, lembut dan kenyal.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini