Share

6 Cara Paling Ampuh Redam Keinginan Konsumsi Makanan Manis

Gita Chaerani, Okezone · Kamis 29 September 2022 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 298 2677116 6-cara-paling-ampuh-redam-keinginan-konsumsi-makanan-manis-dWjkOpvDt0.jpg Cara Redam Keinginan Makan Manis (Foto: Workitdaily)

BAGI beberapa penyakit seperti diabetes, membatasi jumlah konsumsi makanan manis sangat dianjurkan. Namun, biasanya sebagian orang ada saja yang ngidam makanan manis, hal ini tentunya sangat sulit dihentikan apalagi untuk yang sedang diet dan penderita diabetes.

Jenis makanan yang diinginkan biasanya bervariasi, tetapi lebih sering kali ingin mengonsumsi makanan cepat saji yang tinggi gula. Ternyata ada beberapa cara untuk meredan keinginan mengonsumsi makanan manis.

Berikut 6 cara paling ampuh meredam keinginan makan manis yang sudah dirangkum dari healthline, Kamis (29/9/2022).

1. Minum air putih

Minum Air Putih

Haus sering kali dikacaukan dengan rasa lapar atau mengidam makanan. Jika Anda terdorong untuk makan makanan tertentu, cobalah minum air putih segelas besar dan tunggu beberapa menit. Setelah mengonsumsi air, kemungkinan Anda ingin makan pasti akan memudar.

BACA JUGA : 4 Camilan Manis ala Korea yang Lagi Populer, Pernah Coba?

2. Makan lebih banyak protein

Makan lebih banyak protein dapat mengurangi nafsu makan dan mencegah Anda makan berlebihan. Hal ini juga tentunya dapat mengurangi keinginan dan membantu Anda lebih kenyang. Satu studi tentang gadis remaja yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan sarapan berprotein tinggi mengurangi keinginan mengidam secara signifikan.

BACA JUGA : Konsumsi Gula Berlebih Picu Penyakit Jantung? Begini Kata Dokter

3. Jauhkan diri Anda dari keinginan

Cara Atasi Keinginan Makan Manis Berlebihan

Walaupun terasa mustahil, namun Anda perlu mencoba menjauh dari keinginan terhadap seseuatu makanan tidak sehat. Misalnya, Anda dapat berjalan cepat atau mandi untuk mengalihkan pikiran Anda ke hal lain. Perubahan dalam pemikiran dan lingkungan dapat membantu menghentikan keinginan tersebut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Rencanakan makanan Anda

Jika memungkinkan, cobalah untuk merencanakan makanan Anda untuk hari itu atau minggu depan. Dengan mengetahui apa yang akan dimakan, Anda dapat menghilangkan faktor spontanitas dan ketidakpastian.

Jadi Anda tidak perlu memikirkan apa yang harus dimakan pada jam makan berikutnya, Anda akan lebih sedikit tergoda dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami mengidam.

5. Hindari menjadi sangat lapar

Kelaparan adalah salah satu alasan terbesar mengapa kita mengalami mengidam. Untuk menghindari rasa lapar yang luar biasa, mungkin ada baiknya untuk makan secara teratur dan memiliki camilan sehat di dekat Anda.

6. Tidur yang cukup

Nafsu makan Anda sebagian besar dipengaruhi oleh hormon yang naik turun sepanjang hari. Kurang tidur dapat menyebabkan hormon naik turun dan yang paling buruk adalah dapat menyebabkan naiknya nafsu makan yang kuat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini