Share

Jangan Salah Kaprah, Microneedling Bukan Berarti Nihil Efek Samping Loh!

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Kamis 29 September 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 611 2677458 jangan-salah-kaprah-microneedling-bukan-berarti-nihil-efek-samping-loh-YnO1RbTNrY.JPG Ilustrasi, (Foto: Freepik)

MICRONEEDLING tengah menjadi salah satu prosedur kecantikan yang tengah populer belakangan ini, karena ramai digadang minim invasif.

Prosedur estetika ini sendiri, merupakan tindakan kosmetik yang dilakukan untuk mengatasi masalah kulit dengan merangsang produksi kolagen alias terapi induksi kolagen, microneedling dilakukan dengan tusukan mikro di kulit pasien menggunakan jarum mini yang disterilkan.

Secara manfaat, microneedling diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mulai dari memudarkan luka bekas jerawat, mengurangi munculnya bekas luka dan bintik hitam , menyamarkan kerutan dan garis halus, memperbaiki tekstur kulit wajah, mencerahkan kulit wajah, meningkatkan elastisitas kulit, seperti dihimpun dari PubMed, AAD, dan Healthline, Kamis (29/9/2022). 

Tidak hanya itu, dalam penelitian yang tinjauannya dimuat dalam Dermatology and Therap. Microneedling dikatakan juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang dengan alopecia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Meski dengan sederet manfaatnya, prosedur microneedling bukan tanpa risiko. Seperti semua prosedur kosmetik, microneedling juga hadir efek samping.

Efek samping yang paling umum sesaat setelah prosedur, yakni munculnya iritasi kulit ringan segera seperti menjadi kemerahan selama beberapa hari.

Harus diingat di sini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan apabila mengalami efek samping yang lebih serius, seperti perdarahan, memar, infeksi, hingga kulit mengelupas.

Sebagai informasi, Anda juga tidak dianjurkan untuk melakukan prosedur microneedling jika memiliki kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis atau eksim, memiliki luka terbuka atau jerawat aktif, telah menjalani terapi radiasi baru-baru ini, serta memiliki riwayat bekas luka kulit.

 BACA JUGA:Lagi Populer, Apa Sih Manfaat dari Microneedling yang Disebut Minim Risiko?

BACA JUGA:Mengenal Peran Microbiome, Virus dan Bakteri yang Bantu Halang Jerawat

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini