Share

Jangan Asal! Ini Usia yang Tepat untuk Suntik Botox Menurut Ahli

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 29 September 2022 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 611 2677466 jangan-asal-ini-usia-yang-tepat-untuk-suntik-botox-menurut-ahli-n1Jduk7nVp.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

TAK bisa dipungkiri masyarakat urban saat ini sangat memperhatikan tampilan. Makanya, tak heran anak muda sekarang sudah lakukan treatment anti-aging, salah satunya suntik botox.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah tindakan botox tidak sembarang dikerjakan. Ada batas usia termuda untuk bisa melakukan botox. Usia berapa itu?

suntik botox

Menurut Konsultan Dermato-vebereologist dr Lis Surachmiati Suseno, injeksi botox boleh dilakukan paling muda itu untuk seseorang berusia 21 tahun. Usia tersebut dianggap sebagai usia dewasa.

"Kami sebagai praktisi hanya melakukan tindakan botox pada mereka yang sudah dewasa, mulai dari usia 21 tahun," kata dr Lis saat diwawancarai di acara panel multidisiplin yang diselenggaraan Merz Aesthetics di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

Namun, dr Lis menyadari betul bahwa banyak anak muda yang usianya di bawah 21 tahun sudah ingin merasakan treatment anti-aging, salah satunya botox. Kalau menemukan kasus seperti itu, dr Lis biasanya akan mengedukasi individu tersebut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Tindakan botox pada usia di bawah 21 tahun harus mendapat persetujuan orangtua. Lagipula, kami akan edukasi individu tersebut untuk tidak menerima injeksi botox sebelum usia dewasa," tambahnya.

Artinya, tindakan botox untuk tujuan estetika itu bukan terapi sembarangan. Karena itu, masyarakat harus lebih cerdas dan jangan sembarang melakukan injeksi botox. Sebab, terlalu banyak mendapatkan injeksi anti-keriput juga akan memberi dampak buruk di kemudan hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini