Share

7 Cara Berhenti Makan Junk Food yang Menggoda Selera Makan

Wulansari Listya, Okezone · Jum'at 30 September 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 298 2678041 7-cara-berhenti-makan-junk-food-yang-menggoda-selera-makan-s62UbmCjXC.jpg Cara Berhenti Makan Junk Food (Foto: Shutterstock)

BERHENTI makan junk food adalah salah cara untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Namun menerapkan kebiasaan tersebut ternyata cukup sulit karena kita mudah menemukan menu makanan junk food dimana pun dan kapan pun.

Menu pilihan junk food seperti gorengan dan makanan tinggi gula memang memiliki cita rasa yang khas. Bahkan ada titik dimana kita merasa senang saat mengkonsumsi makanan tersebut. Kombinasi kuat dari rasa asin, manis, dan berlemak memang membuat siapapun sulit untuk menolaknya.

Percaya atau tidak, salah satu faktornya adalah karena produsen makanan sering membuat produknya dengan tujuan memicu siklus kecanduan di konsumen.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengontrol nafsu makan seperti stop makan junk food. Berikut 7 cara berhenti makan junk food yang berhasil dirangkum dari healthline.com

1. Membuat rencana makan ke depan

Cara Berhenti Makan Junk Food

Salah satu cara yang baik untuk menangani ngidam adalah merencanakan menu makanan sebelum waktu makan tiba. Jika menyiapkan makanan sehat dan dikemas untuk makan siang atau nyemil di sore hari, maka jauh lebih kecil kemungkinan untuk memesan makanan junk food.

Cobalah untuk merencanakan makanan setiap minggunya atau satu hari sebelum aktivitas yang sibuk mulai. Kamu bisa mempersiapkan makanan yang sehat dan mudah dibawa seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran panggang, atau salad dingin.

2. Belanja ke pasar

Pasar biasanya memiliki bagian produk bernutrisi seperti, susu, daging, ikan, dan lain-lain. Ketika pergi berbelanja, cobalah untuk membeli bahan makanan yang bernutrisi dan hindari makanan kemasan yang tinggi komposisi. Hal tersebut adalah langkah kunci dalam transisi diet yang sehat. Seiring waktu, tubuh akan terbiasa untuk mengkonsumsi sayuran segar, buah, padi-padian, dan protein.

3. Makan lemak sehat

Lemak ternyata memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh. Jenis lemak yang harus dihindari adalah lemak trans dan batas lemak jenuh. Konsumsi lemak sehat dari kacang-kacangan dan alpukat yang dapat membantu merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk memakan junk food.

Menu makanannya bisa dengan membuat salad buatan sendiri yang ditambah minyak zaitun dan cuka. Menambahkan guacamole segar atau ikan berlemak seperti salmon juga merupakan cara yang bagus untuk menggabungkan lemak yang sehat

4. Cukupi protein dalam tubuh

Protein terkenal dengan memberikan rasa kenyang yang lama. Sebaiknya konsumsi makanan tinggi protein dalam menu makan sehari-hari agar menekan keinginan memakan junk food. Pilihan sumber protein yang sehat seperti ikan, edamame, sayuran, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Konsumsi buah

Makan Buah

Buah memang memiliki gula, tetapi memiliki banyak vitamin, antioksidan, dan air. Buah juga mengandung serat, yang dapat memperlambat keluarnya efek pada gula darah. Setelah mengurangi konsumsi dari gula yang diproduksi, buah ternyata jauh lebih manis dan lebih memuaskan untuk. Ambil semangkuk buah atau sepotong semangka jika memiliki nafsu memakan sesuatu yang manis.

6. Fokus menambah makanan sehat

Sebuah studi dalam jurnal Nutrisi menunjukkan bahwa fokus pada sisi positif dari makan yang sehat lebih efektif daripada berfokus pada kebutuhan untuk menghapus junk food. Jika menambah banyak makanan sehat, maka tubuh semakin mudah untuk mengurangi makanan tidak sehat.

7. Tidur yang cukup

banyak orang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup. kurang tidur ternyata memiliki peran yang besar dalam mengontrol ngidam junk food. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur mengakibatkan mudah kelaparan dan sulit fokus pada asupan makanan sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini