Share

Boleh Gak Sih Makan Mie Instan Tiap Hari?

Kevi Laras, MNC Portal · Jum'at 30 September 2022 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 298 2678090 boleh-gak-sih-makan-mie-instan-tiap-hari-Pfyhewe8hs.jpg Ilustrasi Mi Instan. (Foto: Shutterstock)

MIE instan memang menjadi makanan penyelamat, terutama bagi anak-anak kostan di akhir bulan. Mengonsumsi mie instan memang akan memberikan seseorang rasa kenyang setara dengan makan nasi.

Tapi, boleh kah mie instan dikonsumsi tiap hari? Ahli gizi klinik dr. Cindiawaty Josito mengatakan, mie merupakan sumber karbohidrat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat.

Tetapi perlu dibatasi kadar garam yang terkandung dalam bumbu mie instan. Apabila dikonsumsi secara berlebih-lebihan jadi pemicu segala penyakit.

Mie Instan

"Bakmi atau mie itu merupakan sumber karbohidrat mau dikonsumsi setiap hari silahkan, yang perlu diperhatikan ialah kandungan garamnya," ujar dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK dokter spesialis gizi di Jakarta.

"Jadi kalau kita konsumsi setiap hari dan itu kandungan garamnya dikonsumsi berlebihan jadi sumber penyakit. Bakmi itu sumber karbo jadi dikonsumsi berlebihan tidak," jelasnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sehubungan dengan itu, menurutnya mengonsumsi karbohidrat seperti mie instan harus dibarengi dengan sumber makanan lainnya. Seperti kandungan protein, sayur dan lainnya, untuk melengkapi sumber gizi.

"Enggak apa-apa asal tidak berlebihan karena kita butuh karbo. Kalau kita konsumsi karbo berlebihan, tanpa dikonsumsi sayur dan buah jadi tidak balance untuk kesehatan. Boleh dikonsumsi tapi harus ditemani sumber lainnya," imbuh dr Cindiawaty.

Sebagaimana disampaikan oleh Kementerian Kesehatan asupan gula garam dan lemak sesuai dengan rekomendasi maksimum, yaitu gula sebanyak 50 gram per hari (4 sdm), garam sebanyak 2 gram (sdt), dan lemak sebanyak 67 gram (5 sdm).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini