Share

Heboh Kriss Hatta Punya Pacar Berondong, Kak Seto: 14 Tahun Jangan Pacaran Dulu

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Jum'at 30 September 2022 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 612 2677906 heboh-kriss-hatta-punya-pacar-berondong-kak-seto-14-tahun-jangan-pacaran-dulu-8GLMzs9KZA.jpg Kriss Hatta. (Foto: Instagram)

PENGAKUAN Kriss Hatta yang menyebut tengah menjalin hubungan asmara dengan perempuan yang 20 tahun lebih muda darinya membuat kisruh. Pasalnya, kekasihnya tersebut diketahui baru berusia 14 tahun.

Hal ini pun memicu Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan kritik pada Kriss Hatta. Pasalnya, dengan kapasitasnya sebagai seorang public figure, pernyataannya ini dikhawatirkan memberi contoh buruk pada masyarakat terutama remaja serta berpotensi untuk menjadi glorifikasi pernikahan anak di usia dini.

Tentu hal ini tidak selinier dengan upaya yang tengah digiatkan pemerintah pusat dan daerah yang tengah giat menurunkan angka perkawinan anak. Psikolog anak, Seto Mulyadi pun menyebut bahwa usia tersebut masih terlalu dini untuk menjalin hubungan.

Kriss Hatta

“Sebaiknya anak usia 14 tahun agar tidak terlalu mengikatkan diri pada seseorang dalam hubungan yang sudah mengarah ke arah masa depan. Karena secara psikologis belum siap atau belum matang untuk menentukan sesuatu yang cocok untuk masa depannya,” ujar kak Seto ketika dihubungi MNC Portal.

Menurutnya, remaja di usia 14 tahun ini relatif baru saja meninggalkan masa anak atau pada masa remaja awal, artinya ini merupakan masa anak menjelang masa remaja yang sebaiknya untuk fokus . Pada usia tersebut, mereka mungkin mempertanyakan dan mengeksplorasi identitas seksual mereka.

Oleh karena ini, para remaja kebanyakan mulai cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu dengan keluarga, karena lebih memilih bersama dengan teman-temannya. Kak Seto pun menambahkan, dalam kasus seperti ini, peran orang tua cukup penting, terutama dalam membatasi pergaulan dalam hubungan sebagai sepasang kekasih.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

“Iya itu artinya, mohon peran orangtua sangat penting untuk menjaga putri-putrinya, yang masih usia remaja awal ini untuk tidak terlalu terikat pada seseorang,” tuturnya

Terlepas dari masalah Kriss Hatta, kak Seto mengkhawatirkan hubungan yang dilakukan oleh pasangan dengan jarak umur yang jauh dapat berpotensial menjadi child grooming, yaitu upaya seseorang dalam membangun hubungan kepercayaan dan ikatan emosional dengan anak atau remaja sehingga mereka bisa memanipulasi atau eksploitasi anak tersebut.

“Kalau arahnya tadi sudah mengarah kepada hubungan seksual, itu bisa saja sebagai child grooming. Artinya bujuk rayu, deket nanti tahu-tahu sudah melakukan hubungan yang jauh dan sebagainya. Makanya pada unsur-unsur masalah pacaran ini tidak dilakukan pada anak usia masih 14 tahun,” katanya.

“Karena kalau sudah terlalu dekat juga dengan usia masih labil yang satunya sudah terlalu matang dan sebagainya. Memang dikhawatirkan akan mengarah ke child grooming,” tukas kak Seto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini