Share

Kenali Pasangan Sebelum Jauh Melangkah, Ini Penjelasan Psikolog!

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Minggu 02 Oktober 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 612 2679082 kenali-pasangan-sebelum-jauh-melangkah-ini-penjelasan-psikolog-DBbsWnLMFH.jpeg Ilustrasi (foto: istimewa)

SEJAK Lesti Kejora dan Rizky Billar mengumumkan kedekatan asmaranya, hingga akhirnya menikah pada 19 Agustus 2021 tak pernah terdengar kisruh akan hubungan keduanya. Hingga kemudian banyak pihak yang dikejutkan terkait Lesti yang polisikan sang suami pada (8/9/2022) di Polres Jakarta Selatan atas laporan KDRT setelah Billar ketahuan selingkuh.

Selama ini, sosok Rizky Billar di layar kaca terlihat sebagai seorang yang penyayang dan lembut kepada sang istri dan mencuatnya kasus KDRT ini yang kemudian mengejutkan banyak orang.

  lesti kejora

Berdasarkan kasus KDRT seperti di atas, Okezone memintai keterangan psikolog, Meity Arianty, STP., M.Psi guna menanyakan ciri-ciri pada seorang lelaki yang berpotensi melakukan kekerasa fisik kepada pasangannya sebelum jauh menjalin sebuah hubungan pernikahan.

“Jika orang itu terlalu manipulative maka akan cukup sulit, namun pada dasarnya tidak ada kebohongan yang bisa bertahan lama, dan percayalah dengan perasaan anda, jangan mudah percaya dengan tampilan luar karena sering sekali menipu, tetap waspada dan pakai hati anda untuk merasakan.” Jelas Meity (30/29/2022)

Namun untuk langkah awal, lihat kontrol diri orang tersebut, bagaimana ia membawakan dirinya, apakah berbeda-beda dengan orang yang berbeda/ pandai berpura-pura dan bagaimana bahasa yang ia gunakan, apakah berpotensi kasar, mudah marah dan kehilangan kendali, Imbuhnya.

Selain itu, ada poin penting yang mesti diperhatikan sebelum pernikahan. Berikut empat di antaranya, seperti dirangkum dari Times of India, Minggu (2/10/2022).

1. Pernikahan dengan keluarga

Anda tidak hanya menikahi pasangan, tetapi juga seluruh anggota keluarganya. Penting juga untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga pasangan Anda, begitu pula sebaliknya.

2. Muncul pertanyaan punya anak

Setelah pernikahan kadang muncul pertanyaan, kapan Anda akan mendapatkan momongan? Untuk mengatasi ini, Anda dan pasangan harus mengatasinya dengan bijak. Berikan pengertian kepada orang lain terkait rencana memiliki anak dari Anda dan pasangan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Nasihat pernikahan

Membandingkan pernikahan Anda dengan orang lain bisa menjadi hal yang sebaiknya dihindari. Tetapi ketika menghadapi pertengkaran, dan mencari nasihat pernikahan dari orang lain, Anda akan mendengar segala hal yang mungkin atau tidak adil untuk hubungan Anda.

Pasangan yang sudah menikah terbilang sudah cukup dewasa untuk memahami satu sama lain, dan menyelesaikannya secara baik-baik. Jadi nasihat dari luar atau oranglain, belum tentu jadi solusi yang baik.

4. Sering bertengkar hal normal 

Pasangan menikah yang sering bertengkar itu adalah hal normal. Berbeda pendapat sekecil apa pun, sudah biasa dan pasti terjadi di dalam rumah tangga. Namun jika keduanya secara dewasa mengakhiri pertengkaran, lalu menganalisis dan berkembang setiap saat darinya, maka tidak ada alasan untuk bersikap negatif tentang pernikahan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini