Share

7 Makanan dan Minuman Penyebab Kembung, Perut Jadi Buncit!

Gita Chaerani, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 298 2679318 7-makanan-dan-minuman-penyebab-kembung-perut-jadi-buncit-LdGv6ufmDu.jpg Makanan dan minuman penyebab kembung bikin perut buncit (Foto: Jovee.id)

PERUT buncit atau kembung merupakan kondisi perut terasa bengkak atau membesar setelah makan. Biasanya bisa desebabkan oleh gas atau masalah pencernaan lainnya. Perut buncit sangat umum terjadi jika disebabkan oleh sesuatu dalam makanan.

Namun, tahukah Anda makanan apa saja yang dapat menyebabkan perut buncit? Berikut Okezone sudah rangkumkan dari healthline, Senin (3/10/2022).

1. Kacang

Makanan Penyebab Perut Kembung

Makanan ini mengandung jumlah protein yang tinggi dan karbohidrat serat. Namun, sebagian besar kacang mengandung gula yang disebut alpha-galactosides termasuk dalam kelompok karbohidrat yang disebut FODMAPs.

Untuk orang sehat, FODMAP hanya menyediakan bahan bakar untuk bakteri pencernaan yang menguntungkan dan seharusnya tidak menimbulkan masalah.

Namun, untuk individu dengan sindrom iritasi usus besar, jenis gas lain terbentuk selama proses fermentasi. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan besar, dengan gejala seperti kembung, perut kembung, kram dan diare.

BACA JUGA : 6 Alasan Perut Tetap Buncit meski Sering Olahraga, Nomor 1 Perlu Jadi Perhatian

2. Minuman berkarbonasi

Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi adalah penyebab lain yang sangat umum dari kembung. Minuman ini mengandung karbondioksida dalam jumlah tinggi dan saat Anda meminum salah satu minuman ini, Anda akhirnya menelan sejumlah besar gas. Beberapa gas terperangkap dalam sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan kembung yang tidak nyaman dan bahkan kram.

3. Gandum

Gandum telah sangat kontroversial dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena mengandung protein yang disebut gluten.

Meskipun kontroversi, gandum masih sangat banyak dikonsumsi. Untuk orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten, gandum menyebabkan masalah pencernaan utama. Ini termasuk kembung, gas, diare dan sakit perut

4. Brokoli

Sayuran brokoli ini sangat sehat dan mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalium. Namun, brokoli juga mengandung FODMAP yang dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Bawang bombay

Meskipun biasanya dimakan dalam jumlah kecil, bawang bombay adalah salah satu sumber makanan utama fruktan. Ini adalah serat larut yang dapat menyebabkan kembung. Selain itu, beberapa orang sensitif atau tidak toleran terhadap senyawa lain dalam bawang, terutama bawang mentah.

Oleh karena itu, bawang bombay dikenal sebagai penyebab kembung dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya.

6. Produk susu

Susu

Susu tentunya sangat bergizi dan kaya akan sumber protein serta kalsium yang baik. Namun, sekitar 75% populasi dunia tidak dapat memecah laktosa, gula yang ditemukan dalam susu. Kondisi ini dikenal sebagai intoleransi laktosa. Jika Anda tidak toleran laktosa, produk susu dapat menyebabkan masalah pencernaan yang besar. Gejala termasuk kembung, gas, kram dan diare.

7. Apel

Apel merupakan salah satu buah paling populer di dunia. Namun, apel juga diketahui dapat menyebabkan kembung dan masalah pencernaan lainnya. Penyebabknya adalah dari fruktosa dan dapat menyebabkan gas hingga kembung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini